Banjarmasin (ANTARA) -
Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan,  Ibnu Sina terpilih menjadi Ketua Umum Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI)  Indonesia untuk periode 2023--2026.
 
"Pak Wali Kota terpilih secara aklamasi pada kegiatan pembukaan (kick off) City Sanitation Summit (CSS) XXI di Soreang Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (15/6)," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika di Banjarmasin, Jumat.
 
Menurut dia, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menggantikan Bupati Tanggerang Ahmed Zaki yang sebelumnya menjadi Ketua Umum AKKOPSI, karena berakhir masa jabatan.
 
"Sebelumnya, Pak Wali Kota menjabat Wakil Ketua 1 AKKOPSI," ungkapnya.

Baca juga: City Sanitation Summit 2023 sudah siap digelar di Kabupaten Bandung

Baca juga: Disparbud Kabupaten Bandung yakin CSS meningkatkan kunjungan wisatawan
 
Windi menyampaikan AKKOPSI memiliki anggota sebanyak 490 kepala daerah di seluruh Indonesia.
 
Ibnu Sina dalam pernyataan resminya, siap melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan AKKOPSI yang sudah dilaksanakan pimpinan sebelumnya.
 
Ibnu Sina direncanakan dilantik secara resmi pada Agustus 2023.
 
Pelantikan Ibnu Sina menjadi Ketua Umum AKKOPSI periode 2023--2026 akan dilaksanakan pada Rapat Kerja Nasional di Kabupaten Biak, Papua Barat.
 
Di sana dijadwalkan Ibnu Sina dan mantan Bupati Tanggerang Ahmed Zaki melakukan serah terima jabatan Ketua Umum AKKOPSI.
 
Dia memastikan akan melanjutkan rencana kerja yang sudah ditetapkan dan akan memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada kementerian terkait perbaikan sanitasi, terutama sanitasi perkotaan.
 
Kemudian, untuk pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) selanjutnya ditetapkan di Kota Cilegon.*

Baca juga: Bandung pastikan transportasi pertemuan puncak sanitasi kota 2023 siap

Baca juga: Bupati Tangerang pimpin keketuaan Aliansi Daerah Peduli Sanitasi

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023