Padang (ANTARA) - Tim sepakbola Semen Padang Football Club (SPFC) menyatakan telah memiliki kerangka tim dalam menghadapi kompetisi Liga 2 yang akan digelar pada September 2023.

Pelatih kepala Semen Padang FC Delfiadri di Padang, Jumat, mengatakan tim pelatih sudah memiliki kerangka tim yang akan berjuang untuk mencapai target yang sudah dicanangkan manajemen tim Semen Padang FC.

"Saat ini kita sudah memiliki kerangka tim yang kita rasa sudah 90 persen hingga 95 persen untuk musim ini. Yang pastinya kita membangun tim yang lebih baik untuk mencapai target lolos ke Liga 1," kata dia menegaskan.

Menurut dia pihaknya bersama manajemen telah melakukan evaluasi pemain musim lalu dan bersepakat melepas sejumlah pemain, dengan tujuan untuk membentuk tim yang lebih solid lagi musim ini.

"Pemain-pemain yang kita lepas bukan tidak bagus, hanya saja ada beberapa kontribusi yang di rasa belum maksimal," kata dia.

Ia mengakui ada beberapa lini untuk pemain lokal yang akan ditambah, itu nanti sembari berjalan persiapan tim dalam melakukan persiapan dalam menghadapi kompetisi sepakbola kasta kedua liga Indonesia.

"Kita juga memberi kesempatan kepada beberapa pemain muda potensial Sumatera Barat untuk membela Semen Padang FC. Siapa-siapa saja pemain itu nanti akan kita perkenalkan satu-persatu." kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini sudah ada 26 pemain yang mengikat kerja sama secara lisan dengan manajemen Semen Padang FC.

“Kita juga sudah memberikan panjar kepada mereka. Ini semua tinggal menunggu waktu untuk menandatangani kontrak saja,” kata dia.

Baca juga: Semen Padang FC liburkan pemain karena tak ada kejelasan kompetisi

Delfi mengatakan untuk nama-nama pemain yang akan mengenakan seragam kebanggaan Semen Padang FC di musim ini masih dirahasiakan.

“Tunggu saja nanti kita perkenalkan kepada publik Ranah Minang,” kata dia.

Sebelumnya Semen Padang FC secara resmi melepas 13 pemain yang memperkuat tim berjuluk Kabau Sirah itu di kompetisi Liga 2 2022. Pemain yang resmi tidak akan memperkuat Semen Padang FC di musim 2023 mulai dari dua penjaga gawang Samuel Reimas dan Muhammad Zacky, Rudi, Vendry Mofu dan Chakra Yudha serta Agung Saputra yang berposisi di gelandang, kemudian pemain belakang Aldo Claudio dan Wiranto.

Selanjutnya pemain sayap mulai dari Pandi Lestaluhu, Aulia Hidayat dan Naufal Rahmanda serta dua striker asal Ranah Minang Muhammad Sanjaya dan Rori Prananda Putra tidak akan bergabung di tim berjuluk Kabau Sirah di musim depan.

Kompetisi Liga 2 2023 sendiri akan diikuti 28 tim yang terbagi dalam empat grup. Dan di setiap grup akan diisi oleh tujuh tim. Mereka akan berjuang menggunakan format home and away dan dua tim terbaik di setiap grup akan lolos ke babak 16 besar. Kemudian babak 16 besar ini akan dibagi dalam dua grup yang berisikan delapan tim dan dua tim terbaik di setiap grup akan lolos ke babak semifinal.

Di babak semifinal dua tim terbaik akan lolos dan bertarung di semifinal dan dua tim lolos ke partai final sedangkan dua tim yang kalah memperebutkan peringkat ketiga. Tiga tim akan langsung lolos ke Liga 1 musim 2024

Sementara tiga tim di peringkat terbawah di babak penyisihan grup akan berjuang di babak 12 besar zona degradasi yang akan dibagi dalam dua grup. Mereka akan bertanding kandang dan tandang, peringkat 4,5 dan 6 di masing-masing grup akan degradasi ke Liga 3.

Baca juga: Manajemen Semen Padang FC resmi pertahankan tim pelatih di Liga 2 2023
Baca juga: Semen Padang FC liburkan pemain karena tak ada kejelasan kompetisi


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023