Samarkand (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri Wury Ma'ruf Amin serta rombongan terbatas bertolak kembali ke Tanah Air, Jumat, setelah melakukan kunjungan kerja selama lima hari di Uzbekistan.

Wapres beserta rombongan lepas landas dari Bandara International Samarkand, di Uzbekistan menumpang pesawat chartered flight Garuda Airbus A330, Jumat malam sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Wapres diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Sabtu (17/6) pagi, usai menempuh penerbangan sekitar 10 jam.

Selama lima hari melakukan kunjungan kerja di Uzbekistan, Wapres mengunjungi dua kota yakni Tashkent dan Samarkand.

Di Tashkent Wapres menggelar sesi dialog kebangsaan dengan Diaspora Indonesia, bertemu pengusaha produk halal Uzbekistan hingga bertemu Perdana Menteri Uzbekistan Abdulla Nigmatovich Aripov.

Bersama PM Abdulla Aripov, Wapres membahas peluang peningkatan kerja sama kedua negara di berbagai bidang termasuk ekonomi dan pariwisata, pembahasan penerbangan langsung kedua negara, hingga mengusulkan pembangunan Sukarno Memorial Library di kompleks makam Imam Bukhari di Samarkand.

Sementara di Samarkand, Wapres menghadiri jamuan makan malam Gubernur Samarkand Erkinjon Turdimov membahas peluang kerja sama Samarkand dengan kota-kota di Indonesia, serta juga menyampaikan kembali usulan pembangunan perpustakaan untuk mengenang Sukarno.

Wapres juga menyempatkan diri berziarah ke sejumlah makam tokoh peradaban Islam, salah satunya Imam Bukhari.

Baca juga: Wapres tunaikan salat Jumat di Masjid A'zam Jome Uzbekistan
Baca juga: Wapres ziarah ke makam Qusam Ibn Abbas sepupu Nabi Muhammad SAW
Baca juga: Wapres: Bagi Bung Karno, Kota Samarkand jauh di mata dekat di hati

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023