Nilai transaksi di atas Rp28 triliun. Kita catat di 2023 sampai Mei ada transaksi ke UMKM Rp23 triliun. Untuk ke Rp28 triliun bakal kemungkinan akan terlewati
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN optimistis total transaksi dalam Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau PaDi UMKM sepanjang 2023 akan jauh melampaui realisasi capaian 2022 yang berjumlah Rp28 triliun.

“Nilai transaksi di atas Rp28 triliun. Kita catat di 2023 sampai Mei ada transaksi ke UMKM Rp23 triliun. Untuk ke Rp28 triliun bakal kemungkinan akan terlewati,” kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinata Ginting saat konferensi pers usai membuka acara PaDi UMKM Expo 2023 di Gedung Sarinah, Jakarta, Jumat.

Loto menjelaskan bahwa transaksi di PaDi berasal dari 36 ribu UMKM yang tergabung pada platform yang mempertemukan UMKM dengan BUMN guna mengoptimalkan, mempercepat dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN kepada UMKM serta memperluas dan mempermudah UMKM mendapat akses pembiayaan.

Belanja BUMN kepada UMKM itu, dijelaskannya, beragam. Mulai dari ATKM suvenir, jasa event organizer, sewa mobil dan jasa borongan.

“Paling tinggi ATK tapi dari sisi volume banyak bahan-bahan bangunan termasuk jasa borongan,” ucapnya.

Senada, Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari menyampaikan bahwa realisasi belanja produk dalam negeri di 2022 sebesar Rp550 triliun, dimana Rp28 triliun diantaranya merupakan belanja kepada UMKM yang tercatat di platform PaDi UMKM.

Total transaksi tersebut, lanjutnya, jauh melebihi dari target yang telah ditetapkan yakni sebesar Rp296 triliun. Rabin juga menyampaikan bahwa peningkatan nilai transaksi belanja produk dalam negeri ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia di 2023 yang juga ikut tumbuh.

"Seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2023, saya yakin realisasi belanja produk dalam negeri tahun 2023 akan melampaui realisasi tahun ini,” tutur Rabin.

Adapun salah satu bentuk konkret BUMN terhadap tumbuh kembang UMKM di Indonesia adalah dengan menyelenggarakan PaDi UMKM Expo 2023 yang berlangsung pada 14-28 Juni 2023 di Gedung Sarinah, Jakarta.

Tercatat sebanyak 201 pelaku UMKM mengikuti event tersebut secara luring dan jika ditambahkan dengan peserta daring mencapai 507 UMKM,

Penyelenggaraan Expo tahun keempat ini diikuti oleh para pelaku UMKM binaan mitra pengampu UMKM yang berasal dari berbagai instansi atau entitas lain yaitu Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bank Indonesia, Pemprov DKI Jakarta, Dekranas, Bhayangkari, HIPMI, NU, Muhammadiyah, IWAPI, dan Rumah BUMN.

Baca juga: Gelaran PaDI UMKM Expo targetkan cetak transaksi di atas Rp15 miliar

Baca juga: Menilik keberhasilan PaDi menjaga tulang punggung perekonomian

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023