Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad berkomitmen terus mendorong pembangunan fasilitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Provinsi Gorontalo.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan SDM Gorontalo melalui bidang pendidikan, saya berencana akan membuat 'Resource Center Fadel Muhammad' di Universitas Negeri Gorontalo (RCFM-UNG),” kata Fadel dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Komitmen ini disampaikan Fadel saat berdialog dengan Civitas Academica Universitas Negeri Gorontalo (UNG), di Ruang Pertemuan Kompleks Gedung UNG, Kota Gorontalo, yang dihadiri Rektor III Prof. Amir Arham, Wakil Rektor II Dr. Ir. Yuniarti Koniyo, MP, dan Wakil Rektor IV Prof. Karmila Machmud.

Menurut Pimpinan MPR dari Kelompok DPD Dapil Gorontalo itu, pendidikan yang baik dan berkualitas di satu daerah akan menghasilkan SDM unggul yang mampu mengelola potensi daerahnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat.

"Alhamdulillah, pendidikan tinggi di beberapa daerah di luar Jawa, salah satunya di Provinsi Gorontalo terus berkembang,” ujarnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR sebut pemimpin harus punya pola pikir entrepreneur
Baca juga: MPR: Pembangunan mampu menaikkan taraf hidup masyarakat Gorontalo


Fadel menyebut saat ini tercatat ada sekitar 14 perguruan tinggi, baik negeri dan swasta yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Hal ini harus disyukuri, dijaga, dan terus dikembangkan, baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya,” ujar mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu.

Oleh karena itu, kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini, maka perlu dukungan dan peran serta seluruh elemen masyarakat Gorontalo.

Tujuan besar yang akan dicapai dalam pembentukan RCFM-UNG tersebut, kata dia, adalah ingin agar mahasiswa bisa mengakses dengan mudah seluruh informasi penting terkait pendidikan dari informasi sekolah internasional, beasiswa dalam dan luar negeri, lapangan pekerjaan, literatur-literatur yang modern, dan baru.

"Alhamdulillah, setelah tadi berdialog dengan pihak kampus UNG, mereka sangat antusias dan akan memberikan fasilitas ruangan di Perpustakaan Kampus IV UNG, di Kabupaten Bone Bolango. Setelah itu, saya akan menindaklanjuti ke tahap berikutnya. Mudah-mudahan terwujud secepatnya,” kata Fadel.

Fadel menambahkan "resource center" sudah dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi di Jawa, seperti di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur. Di kampus ini "resource center" yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Administrasi ini semacam 'perpustakaan plus' berbentuk Ruang Baca Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) yang diberi nama 'Fadel Muhammad Resource Center'.

"Di sana ('resource center'), tidak hanya menyediakan buku-buku penting untuk menunjang pendidikan mahasiswa, tetapi juga menjadi ruang tempat diskusi, memperkaya pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa,” kata Fadel 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023