“Kami mendorong agar KPU Kabupaten Jayapura membuka ruang tanggapan masyarakat, ini bagian dari menciptakan demokrasi yang jujur dan adil,”
Sentani (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jayapura, Papua mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada daerah tersebut untuk membuka ruang tanggapan bagi masyarakat agar dapat mengawasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Bawaslu Jayapura Zacharias S.Y Rumbewas di Sentani, Sabtu, mengatakan bahwa ruang tanggapan masyarakat sangat penting guna menjaga hak pilih.

“Kami mendorong agar KPU Kabupaten Jayapura membuka ruang tanggapan masyarakat, ini bagian dari menciptakan demokrasi yang jujur dan adil,” katanya.

Menurut Zacharias, dalam rangka melindungi hak pilih dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan, masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan atas Daftar Pemilih Tetap (DPT) di KPU Kabupaten Jayapura.

“Masukan dan tanggapan dapat berupa informasi jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia atau pindah domisili,” ujarnya.

Dia menjelaskan informasi yang dapat diperoleh KPU dari masyarakat melalui ruang masukan dan tanggapan dapat juga seperti anggota keluarga yanng sudah berusia 17 tahun atau lebih namun belum terdaftar dalam DPT.

“Selain itu juga informasi tentang anggota keluarga yang belum berusia 17 tahun tetapi sudah menikah, perubahan identitas kependudukan bahkan perubahan status pekerjaan,” katanya lagi.

Dia menambahkan KPU juga dapat membuka layanan online maupun ofline bagi masyarakat yang ingin memutakhirkan daftar pemilih sehingga tahapan dapat berjalan lancar karena ada keterlibatan masyarakat yang memberi masukan dan tanggapan.

“Keterlibatan masyarakat sangat mempengaruhi tahapan Pemilu 2024, kami mengharapkan proses pesta demokrasi lima tahunan ini dapat melibatkan masyarkat,” ujarnya lagi.

 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023