Sentani (ANTARA) - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Jayapura melibatkan masyarakat guna mengawasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Bawaslu Jayapura Zacharias S.Y Rumbewas kepada di Sentani, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar program Para-Para Bawaslu yang bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi tahapan pemilu.

“Para-Para Bawaslu merupakan wadah sosialisasi guna membuka wawasan masyarakat tentang tahapan dalam pelaksanaan pemilu dan menjadi pemilih cerdas,” katanya.

Menurut Zacharias, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam mengawasi tahapan pemilu 2024 Kabupaten Jayapura.

“Melalui Para-Para Bawaslu masyarakat akan mendapatkan pemahaman dasar tentang pemilu dan pencegahan dini terhadap kerawanan pemilu,” ujarnya.

Dia menjelaskan jika masyarakat minim pemahaman tentang politik praktis sering tidak berfikir rasional dan lebih memikirkan kepentingan jangka pendek, sehingga terkadang apa yang dipilih tidak sesuai dengan harapan.

“Kami berharap masyarakat setelah mendapatkan pemahaman yang baik dapat memberikan edukasi kepada keluarga dan lingkungan sekitar tentang bahaya politik uang, ujaran kebencian dan berita bohong,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran dengan mengimbau masyarakat untuk mematuhi tahapan pemilu yang telah di tetapkan.

“Ini sesuai Undang-Undang nomor 7/2017 pasal 93 (b), untuk mengoptimalkan tugas pencegahan tersebut maka perlu adanya partisipatif masyarakat,” ujarnya lagi.

Baca juga: Bawaslu dorong KPU Jayapura membuka ruang tanggapan masyarakat
Baca juga: Bawaslu Kota Jayapura bentuk satgas pengawasan partisipatif
Baca juga: Bawaslu Jayapura agendakan memanggil salah satu pejabat distrik


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023