Surabaya (ANTARA) - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mencatatkan namanya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kampus yang bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan terbanyak.

Penandatanganan MoU di kampus Unesa, Sabtu, disaksikan perwakilan MURI Sri Widayati. MoU dilakukan secara luring dan daring (hybrid) melibatkan sebanyak 347 yayasan pendidikan yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., dalam sambutannya mengatakan bahwa kerja sama dengan yayasan pendidikan itu merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung implementasi tri darma perguruan tinggi dan pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

Baca juga: Unesa kukuhkan perwakilan mahasiswa sebagai Duta Peradaban Indonesia

"Kerja sama ini wujud kesadaran dan komitmen kita bersama untuk membuat terobosan, melahirkan inovasi dalam mempersiapkan SDM unggul menyambut Indonesia emas 2045. Kami sadar betul, memajukan pendidikan dan menyiapkan SDM ini butuh sinergi yang produktif dan berkelanjutan," ucapnya.

Yayasan yang bekerja sama dengan Unesa merupakan yang sudah memiliki Nomor Induk Yayasan Pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Unesa, Prof. Dr. Siti Nur Azizah, S.H., M.Hum., mengatakan bahwa ini merupakan kerja sama yang sangat strategis.

Menurutnya, yayasan memiliki jangkauan yang luas di masyarakat sekaligus sebagai induk berbagai lembaga pendidikan.

"MURI ini melibatkan berbagai yayasan pendidikan, baik formal maupun non-formal yang memperoleh nomor induk yayasan pendidikan berdasarkan aturan Kemendikbudristek. Harapannya semakin banyak terobosan yang bisa dilakukan untuk melahirkan inovasi-inovasi di bidang pendidikan," ucapnya.

Dia menambahkan kerja sama ini untuk memperluas eskalasi kolaborasi dengan berbagai mitra yang bersentuhan langsung dengan bidang pendidikan.

Baca juga: Kemensos gandeng Unesa garap modul pengawasan anak disabilitas

Baca juga: Unesa berikan beasiswa kuliah gratis bagi pemain Timnas U20


Setelah MoU, pihaknya langsung menindaklanjutinya dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) antara perwakilan yayasan pendidikan dengan para dekan dan koordinator program studi.

"Yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini adalah mengimplementasikan pengabdian kepada masyarakat dengan menggandeng yayasan dan memberikan pendampingan dalam pengembangan inovasi pendidikan di tiap yayasan. Kami punya pakar, yayasan butuh apa nanti tinggal dibahas bersama," ucapnya.

Selain pemecahan MURI, pada kesempatan itu, Unesa melalui Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) juga memberikan penghargaan Insan Peduli Pendidikan kepada para tokoh, pejabat dan instansi yang memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di Indonesia.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023