Denpasar (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menilai wajar Sandiaga Uno ditugaskan memenangi pemilihan presiden (Pilpres), setelah ditunjuk sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ganjar pun menyebut soal koalisi politik yang dibangun oleh PDIP dan PPP untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Ya, karena sudah bekerja sama. Maka, itu menjadi kewajiban (memenangkan Pilpres)," kata Ganjar ditemui di Sanur, kota Denpasar, Bali, usai menghadiri acara konsolidasi PDI Perjuangan Bali yang dipimpin oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sabtu.

Ganjar kemudian menuturkan kewajiban menang dalam tahun politik 2024 juga diemban oleh mitra koalisi PDIP seperti Hanura, PPP dan Perindo.

Gubernur Jawa Tengah itu juga mengatakan beberapa partai politik lainnya dalam waktu dekat akan menyampaikan dukungan padanya.

Baca juga: PPP tak akan paksa Sandiaga Uno jadi cawapres Ganjar Pranowo

Baca juga: Sandiaga ungkap dapat tugas berat usai diusung jadi bacawapres Ganjar


"Waktu itu, PAN sudah datang, tapi belum menyatakan (dukungan)," ucapnya.

Lebih lanjut Ganjar juga mengungkapkan kerja sama politik yang dibangun PDI Perjuangan dan PPP adalah atas dasar kesepakatan, yang salah satunya adalah memenangkan Ganjar Pranowo.

Sebelumnya. PPP menetapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) pada Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PPP Muhamad Arwani Thomafi dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu.

"Rapimnas VI Partai Persatuan Pembangunan menugaskan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasional dengan tugas pokok pemenangan dalam pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden serta Pilkada Serentak 2024," ujar Arwani.

Baca juga: Ganjar harapkan bakal cawapres yang satu visi

Ia menjelaskan bahwa mantan kader Partai Gerindra itu memiliki tugas untuk memimpin program strategis pemenangan PPP pada Pemilu 2024. Sandiaga Uno nantinya akan mengawal program pemilu berdasarkan kebijakan dan target yang telah ditetapkan oleh partai berlogo ka'bah itu.

Ketua Bapilu, sambung dia, menjadi ujung tombak pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam menyosialisasikan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung PPP.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023