Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan kamil menitipkan sejumlah program Pemerintah Provinsi Jabar untuk didukung oleh Putri Indonesia 2023 Farhana Nariswari Wisandana, salah satunya yaitu program penurunan stunting.
 
"Nanti dokter Farhana bicara ke calon-calon pengantin supaya menikah dengan sehat, ke ibu-ibu supaya memberi gizi kepada bayi. Saya kira akan sangat terbantu program-program pemerintah kalau yang bicaranya sosok teladan apalagi bagi anak-anak muda," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Sabtu.
 
Farhana yang merupakan perwakilan dari Jawa Barat 1 tersebut datang mengenakan busana Putri Indonesia lengkap dengan Mahkota Borobudur.

Ridwan Kamil seusai menerima kedatangan Putri Indonesia 2023 Farhana Nariswari Wisandana menyampaikan kebanggaannya kepada Farhana karena telah mengharumkan nama Jawa Barat dalam ajang Putri Indonesia setelah 30 tahun belum meraih gelar.

Baca juga: Presiden minta Puteri Indonesia turut aktif manfaatkan bonus demografi

Baca juga: Presiden minta Puteri Indonesia ikut promosikan destinasi wisata
 
"Atas nama pemerintah dan mewakili masyarakat Jabar saya mengucapkan selamat kepada Teteh Farhana yang dalam sejarah Putri Indonesia selama 30 tahun pertama kali Jabar memenangkan kontestasi tersebut," ujar Ridwan Kamil.
 
Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Ridwan Kamil mengatakan Farhana memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia kesehatan.
 
Perempuan kelahiran Bandung 28 Mei 1996 merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Farhana kini berprofesi sebagai dokter junior.
 
Sejauh ini Jabar masih dinilai yang terbaik dalam penurunan angka stunting di Pulau Jawa. Gubernur optimistis dalam empat sampai lima tahun Jabar akan bisa nol stunting.
 
"Jabar ini kan terbaik di Pulau Jawa penanganan stuntingnya tahun 2023. Butuh empat sampai lima tahun lagi menolkan stunting," ujar Ridwan Kamil.
 
Selain program penurunan stunting, kata Gubernur, Farhana juga dapat membantu pengembangan pariwisata Jabar dan program lainnya sesuai kebutuhan.
 
"itu contoh, nanti bisa pariwisata dan program lain tergantung kebutuhan," kata Ridwan Kamil.
 
"Intinya Jabar tidak kehabisan duta-duta yang mengampanyekan program-program pembangunan," ujarnya.
 
Dalam pertemuan tersebut, Gubernur mendoakan Farhana dapat menjuarai Miss International 2023 di Jepang pada bulan Oktober.
 
Pada 2017 lalu talenta asal Jabar lainnya juga pernah menjuarai kontestasi serupa yaitu Kevin Liliana.
 
"Jabar juga dulu sudah berprestasi, Teh Kevin Liliana pernah menjadi Miss International tahun 2017. Saya doakan Oktober kita bisa mengulangi kesuksesan 2017 saat perwakilan Indonesia Farhana bisa menang di Miss International 2023 di Jepang," kata Ridwan Kamil.*
   

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023