Pemain Persita tampil luar biasa. Mereka bisa mengimbangi permainan tim Persisam, bahkan mereka sempat mengembangkan permainan dan terus menekan, untungnya barisan pertahanan tampil cukup bagus,"
Samarinda (ANTARA News) - Tim Persisam Putra Samarinda melanjutkan tren positif menjalani laga kandang dengan kemenangan tipis menghadapi tamunya Persita Tangerang 1-0 pada lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Segiri Samarinda, Rabu.

Gol tunggal tim berjuluk "Pesut Mahakam" itu dicetak Lancine Kone pada menit ke-3 memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Ferdinan Sinaga.

Tuan rumah gagal memanfaatkan beberapa peluang untuk memperbesar keungggulan karena begitu ketatnya barisan pertahanan Persita Tangerang.

Selain itu, faktor keberuntungan juga belum berpihak pada tim Persisam untuk melipatgandakan skor. Beberapa kali tendangan Ferdinan dan Obiora masih bisa diselamatkan mistar gawang dan berhasil ditepis oleh penjaga gawang Persita Mukti Ali Raja.

Pada babak kedua, tim asuhan Elly Idris berhasil mengubah taktik dan strategi pertandingan dengan terus menekan jantung pertahanan tuan rumah Persisam.

Semangat yang luar biasa kembali ditunjukkan tim berjuluk "Pendekar Cisadane" ketika berhasil menahan tim Mitra Kukar di kandangnya pada pertandingan menghadapi Persisam.

Untungnya barisan belakang tim Persisam yang dikomandoi Pierre Njanka tampil begitu disiplin dan berhasil mematahkan setiap serangan yang dibangun oleh tim tamu.

Tambahan waktu dua menit dari waktu normal tak mampu dimanfaatkan oleh kedua tim untuk mengubah skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Persisam.

Pelatih Persisam Sartono Anwar mengaku bersyukur dengan keberhasilannya timnya merebut kemenangan atas Persita Tangerang yang dianggapnya juga merupakan tim tangguh.

"Pemain Persita tampil luar biasa. Mereka bisa mengimbangi permainan tim Persisam, bahkan mereka sempat mengembangkan permainan dan terus menekan, untungnya barisan pertahanan tampil cukup bagus," kata Sartono.

Sementara itu, Asisten Pelatih Persita Tangerang Mieka Suwasdika mengaku bahwa para pemainnya sudah menjalankan instruksi pelatih dengan baik. Namun sayangnya, keberuntungan belum berpihak kepada timnya.

"Kami bisa menciptakan beberapa peluang. Namun, semuanya tidak bisa menghasilkan gol, apa boleh buat kami harus ucapkan selamat kepada tim Persisam," jelas Mieka.

Menyinggung kepemimpinan wasit Mieka menilai wasit Solikin dari Surabaya selalu membuat keputusan di luar nalar.

"Enam pemain kami kena hukuman kartu kuning, padahal pelanggaran yang terjadi tidak terlalu berlebihan, semestinya mereka memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum memberikan kartu," kata Mieka.

Kartu Kuning: Kim Dhong Chan 26`, Sirvi Arvani 33`, Christian Carasco 35`, Ledy Utomo 38`, Javad Moradi43`, Maman45`.

Susunan pemain:

Persisam Putra: Fauzi Toldo(pg), Pieere Njanka, M. Roby, Wahyu Kristanto, Supriono/Dias Angga, Ahmad Sumardi, Lancine Kone, Ebrahim Lovinian/Dian Irawan, Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, Obiora/Aldair Makatindu 88`.

Persita Tangerang: Mukti Ali Raja (pg), Louis Edmundo, Dominggus Fakdawer, Ledy Utomo, Maman, Javad Moradi/Aldy Al Achya, Rizky Ripora, Ade Jantra, Kim Dong Chan, Sirvi Arvani/Rishadi Fauzi, Christian Carasco/Hendra Bastian 63`

(KR-RMT/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013