Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Korea Selatan Baek Ha na/Lee So Hee untuk pertama kalinya menjuarai turnamen bulu tangkis berkategori BWF Super 1000 yang diraih pada ajang Indonesia Open 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Pasangan unggulan kelima itu menyabet gelar juara usai menundukkan ganda putri Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dalam dua gim langsung.

Adu setting mewarnai gim pertama, saat Baek/Lee yang semula unggul terkejar oleh Yuki/Sayaka dengan skor 20-20.

Sebelum duo Korea mengamankan dua poin penentu, Baek/Lee lebih dulu memimpin pada awal gim.

Baca juga: Zheng/Huang ungkap kunci hattrick kemenangan turnamen Super 1000

Keunggulan yang mereka ciptakan terpaut jauh dari ganda Jepang dengan skor 16-10. Namun masuk paruh kedua, Yuki/Sayaka merebut kendali permainan dan sanggup mengejar hingga skor imbang 18-18.

Poin kedua pasangan terus berkejaran hingga akhirnya terjadi setting, yang kemudian dimenangkan Baek/Lee.

Gim kedua menjadi area dominasi Baek/Lee atas ganda putri Jepang yang sebelumnya menjuarai Indonesia Open 2019 itu. Baek/Lee memiliki kendali penuh untuk mengatur pola permainan yang membuat lawannya tak bisa keluar dari tekanan.

Baek/Lee mengajak lawannya untuk bermain reli-reli panjang dan melelahkan, sebelum akhirnya menjadi bola mati ketika Yuki/Sayaka menciptakan kesalahan pengembalian.

Yuki/Sayaka pun sudah tak punya kemampuan untuk memberikan serangan balasan. Mereka kehilangan tenaga kala meladeni reli Baek/Lee, namun ketika menghadapi permainan netting pun kerap berakhir dengan eror.

Skor Baek/Lee terus menanjak dan menciptakan gap yang terlampau jauh untuk dikejar yaitu 15-5. Yuki/Sayaka masih memberikan perlawanan untuk memperkecil jarak menjadi 17-10.

Mental Yuki/Sayaka sudah mengendur jelang akhir gim, bahkan pengembalian mudah pun menjadi eror di tangan mereka. Dengan keunggulan yang digenggam Baek/Lee, mereka pun akhirnya menuntaskan gim kedua dengan kemenangan.

Akhirnya pertandingan pun usai setelah dimainkan dalam 67 menit, dengan kemenangan bagi duo Korea 22-20, 21-10.

Baca juga: Chen hentikan kebangkitan Marin di final Indonesia Open 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023