Dari 158 sekolah dasar di Mukomuko, ada 22 sekolah akreditasi A, 73 sekolah akreditasi B, dan sisanya masih akreditasi C.
Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan sebanyak 44 sekolah dasar di daerah ini yang saat ini terakreditasi B meningkat menjadi akreditasi A.
 
"Saat ini baru 22 sekolah dasar di daerah ini yang meraih akreditasi A. Kita minta paling tidak dua kali lipat dari sekarang menjadi 44 sekolah," kata Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ramon Hoski di Mukomuko, Minggu.
 
Dari 158 sekolah dasar di Mukomuko, ada 22 sekolah akreditasi A, 73 sekolah akreditasi B, dan sisanya masih akreditasi C.
 
Ia mengatakan, pihaknya meminta dua kali lipat jumlah sekolah dasar yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini meraih akreditasi A kepada Badan Akreditasi Nasional (BAN).
 
Ia menambahkan, saat ini Badan Akreditasi Nasional sedang melakukan penilaian terhadap semua sekolah mulai dari tingkat dasar hingga sekolah menengah pertama.
 
Menurutnya, puluhan sekolah dasar di daerah ini berpeluang meraih akreditasi A karena kondisi bangunan sekolah dasar di daerah ini tidak menjadi persyaratan sekolah meraih akreditasi A.
 
"Kami sudah menanyakan langsung kepada pihak Badan Akreditasi Nasional dan kondisi bangunan rusak serta masih terbatasnya jumlah ruang kelas baru tidak sepenuhnya menjadi persyaratan sekolah mendapatkan akreditasi A," ujarnya.
 
Selanjutnya, ia mengimbau kepada sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di daerah ini untuk mempersiapkan diri, seperti menyiapkan sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang untuk meraih akreditasi A.
 
Ia menilai, siswa dari sekolah dasar yang sudah meraih akreditasi A berpengaruh untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi apalagi ke sekolah menengah pertama yang sudah akreditasi A.
 
"Ada yang menang anak kita karena pengaruh masuk ke sekolah berikutnya," demikian Ramon.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023