Jakarta (ANTARA) - Wakil Indonesia Onic Esports berhasil membawa pulang gelar juara Mobile Legends: Bang Bang South East Asia Championship (MSC) 2023 usai mengalahkan tim Filipina Blacklist International pada final yang digelar di Phonm Penh, Kamboja, Minggu.

Dalam pertandingan yang disiarkan secara daring oleh MLBB Esports, Onic Esports harus menjalani enam gim untuk mengklaim kemenangan 4-2 atas Blacklist International dalam format best of seven atau sistem pertandingan untuk meraih empat kemenangan lebih dulu.

Onic Esports mengawali pertandingan dengan sangat baik, mengamankan gim pertama dalam waktu 11 menit. CW, Sanz, Butsss, Kiboy, dan Kairi tampil agresif dengan mengambil first blood, turtle juga lord pertama.

Permainan Onic yang begitu dominan membuat para pemain Blacklist International, yakni Owl, Wise, Yue, Edward, dan OhMyVe33nus, tak dapat berbuat banyak dalam team fight.

Onic mendapatkan turret bagian tengah, kemudian berhasil menumbangkan tiga pemain Blacklist International dan mengambil momentum menghancurkan base tim Filipina untuk unggul 1-0.

Pada gim kedua Onic kembali menekan Blacklist International. Hal itu terjadi bahkan pada menit-menit awal. CW dengan hero Moskov yang digunakannya seakan menjadi tokoh utama bagi Onic.

Baca juga: Dua tim wakil Indonesia saling berhadapan di fase knockout MSC 2023

Inisiasi split push yang dilakukan CW berbuah dua turret yang jelas menguntungkan Onic. Tim berjuluk landak kuning tersebut kemudian berhasil mendapatkan lord kedua, namun harus ditukar dengan tiga pemainnya yang terculik lawan.

Blacklist International mencoba untuk melakukan perlawanan dengan mengambil lord ketiga. Upaya serangan bersama lord ketiga tidak berhasil, tim Filipina itu kembali mengambil lord keempat tetapi justru menjadi buah simalakama bagi Wise dan kawan-kawan.

Onic berhasil mengambil tiga pemain Blacklist International yang selanjutnya momen itu dimanfaatkan menyerang base tim Filipina untuk memimpin 2-0.

Perjalanan Onic meraih gelar terganjal pada gim ketiga saat Blacklist International mencoba mengejar ketertinggalan dengan berhasil menjegal tim Indonesia. Tim Filipina mengamankan gim ketiga untuk berusaha menyusul 1-2.

Gim keempat Onic kembali bangkit. Pada menit ke-15, Kairi dan kawan-kawan berhasil menculik tiga pemain Blacklist International untuk melumpuhkan base mereka, sekaligus mengambil match point 3-1.

Baca juga: Onic Esports pulangkan Evos Legends untuk capai semifinal MSC 2023

Ketika kemenangan Onic sudah di depan mata, Blacklist International kembali menjegal tim Indonesia. Dominasi di early game dan agresivitas Wise dan kawan-kawan membuat Onic tidak mampu mengambil alih permainan. Tim Filipina memenangi gim kelima untuk 2-3.

Blacklist International bermain agresif pada awal gim keenam untuk mencoba menyamakan kedudukan dengan mengambil first blood, dan mengamankan turtle juga lord pertama dan lord kedua.

Namun, lord ketiga yang berhasil didapatkan Onic menjadi momentum bagi tim Indonesia untuk membalikkan keadaan dengan menyerang dan melumpuhkan base Blacklist International untuk mengklaim kemenangan.

Skor akhir 4-2 mengantarkan Onic Esports meraih gelar juara MSC 2023. Kemenangan tersebut juga menambah gelar Onic Esports yang berhasil menjuarai MSC 2019.

Baca juga: Onic Esports menang dominan atas tim Kamboja di fase grup MSC 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023