Surabaya (ANTARA) - Esports Indonesia (ESI) Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan bedah buku "Merahnya Ajaran Bung Karno" karya Airlangga Pribadi Kusman di sela Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Esport di Kota Blitar.

Koordinator Panitia Kejurprov, Abdul Halim dalam keterangannya diterima di Surabaya, Senin, mengatakan acara bedah buku tersebut menjadi rangkaian acara Bulan Bung Karno di Kota Blitar.

"Jadi, selain menggelar Kejurprov Esports, kita juga menggelar bedah buku, dengan maksud dan tujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan tak melupakan nilai sejarah dari bangsa Indonesia, yakni Bung Karno," kata Halim yang juga Kabid Organisasi ESI Jatim.

Baca juga: Untag Surabaya pamerkan 28 lukisan peringati Bulan Bung Karno

Penulis buku Merahnya Ajaran Bung Karno, Airlangga Kusman memaparkan buku setebal 570 halaman ini memberi perspektif baru, karena berangkat dari ketidakpuasan terhadap pandangan-pandangan mainstream atas karya dan idealisme Soekarno.

Selain menghadirkan penulisnya, kegiatan bedah buku ini juga mendatangkan beberapa narasumber, yakni Kreator Media Digital Unpacking Indonesia Zulfan Lindan, penulis buku "Ilusi Identitas Arab" Musa Kazhim Al-Habsyi, dan penulis buku "Melacak Jejak Spiritualitas Bhinneka Tunggal Ika & Visi Penyatuan Nusantara", Akhol Firdaus.

Zulfan Lindan menjelaskan bahwa salah satu ajaran utama Bung Karno adalah memprioritaskan rakyat.

"Bung Karno mampu menganalisa inti permasalahan yang terjadi pada masyarakat yang sengaja dimiskinkan di masa kolonial, yaitu kapitalisme. Kemudian, dia berhasil mengolah sosialisme yang kuat dengan identitas kebangsaan sebagai antitesa inti permasalahan yang terjadi," ujarnya.

Menyambung pernyataan Zulfan, Musa Kazhim Al-Habsyi berpendapat bahwa Bung Karno adalah seorang pemimpin mencintai dan dicintai rakyatnya. Masyarakat merasa sangat diperjuangkan nasib dan kepentingan mereka.

"Bung Karno menawarkan gagasan kontra-hegemoni, Marhanisme dan Nasakom, sebagai bentuk perlawanan terhadap struktur sistemik hegemoni di era kolonial yang melemahkan rakyat," katanya.

Baca juga: Puti Guntur Soekarno: Berdikari adalah kunci kemandirian ekonomi

Baca juga: Provinsi Bali rayakan Bulan Bung Karno sebulan penuh


Sedangkan Akhol Firdaus menjelaskan sosok Bung Karno yang tidak hanya sebagai seorang intelektual saja, namun lekat dengan dunia spiritual.

"Bahwa Pancasila merupakan hasil perenungan dan laku spiritual Bung Karno saat menggali dan merangkai nilai-nilai spiritualitas yang terkandung di Bumi Nusantara. Bung Karno adalah seorang spiritual sekaligus intelektual yang berhasil merasionalisasikan ruh Pancasila, sehingga dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat secara majemuk," ujarnya.

Kejurprov ESI Jatim dilaksanakan hingga 21 Juni 2023 di Tenda Dome Kejurprov Esports, Alun-alun Kota Blitar. Adapun gim yang dipertandingkan adalah Wild Rift, Free Fire, Mobile Legends Bang Bang, e-Football, dan PUBG Mobile.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023