Tahun ini pihak KKP sudah pasti memberikan bantuan untuk Biak Numfor fasilitas cold storage portabel...
Biak (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2023 akan memberikan bantuan fasilitas mesin rantai pendingin ikan portabel (cold storage) kepada Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Papua untuk mendukung kebutuhan ekspor perikanan ke Narita, Jepang.

"Tahun ini pihak KKP sudah pasti memberikan bantuan untuk Biak Numfor fasilitas cold storage portabel atau rantai mesin pendingin untuk menunjang ekspor hasil perikanan ke Jepang, saat Sail Teluk Cenderawasih (STC) pada November 2023," kata Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirisa, di Biak, Senin.

Dia mengakui, dengan bantuan mesin pendingin portabel diharapkan dapat menambah fasilitas penyimpanan ikan di wilayah Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Biak Numfor.

Kadis Effendi menyatakan, untuk pemasangan mesin rantai dingin portabel diupayakan dalam tahun ini juga untuk mendukung persiapan pelaksanaan ekspor ikan pada acara Sail Teluk Cenderawasih.

Ia berharap Pemprov Papua dapat membantu kabupaten lain peserta Sail Teluk Cenderawasih (STC) seperti Kabupaten Yapen Kepulauan, Waropen dan Kabupaten Sarmi untuk fasilitas mesin rantai dingin cold storage portabel.

"Ya untuk harganya kurang dari Rp1 miliar supaya dengan bantuan cold storage portabel dapat mendukung kesiapan penyelenggaraan ekspor hasil perikanan ke Jepang di saat acara Sail Teluk Cenderawasih," kata Effendi pula.

Kadis Perikanan Effendi menyebut, permintaan rantai mesin pendingin portabel sudah disampaikan ke Pelaksana Harian Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun saat melepas ekspor ikan tuna segar dari Biak Numfor di pelabuhan laut dengan tujuan ke Narita Jepang pada 10 Juni 2023.

Kabupaten Biak Numfor akan menjadi hub cargo udara di Papua untuk mendukung ekspor perikanan ke Jepang melalui Bandara Frans Kaisiepo.

Berdasarkan rencana jadwal panitia STC 2023 pelaksanaan ekspor hasil perikanan dari Kabupaten Biak, Waropen, Yapen Kepulauan dan Kabupaten Sarmi akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada acara puncak Sail Teluk Cenderawasih berlangsung 1-7 November 2023.
Baca juga: SIER jajaki potensi bisnis "cold storage" perikanan di Sorong
Baca juga: Perusahaan rintisan Indonesia raih pendanaan 4,15 juta dolar AS

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023