Pembangunan daerah juga membutuhkan dukungan dan jaringan kerja sama antarpemerintah daerah (pemda)."
Yogyakarta (ANTARA News) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan kerja sama antarpemerintah daerah di era otonomi semakin dibutuhkan karena pembangunan daerah tidak cukup menggantungkan uluran tangan pemerintah pusat.

"Pembangunan daerah juga membutuhkan dukungan dan jaringan kerja sama antarpemerintah daerah (pemda)," katanya usai penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, otonomi adalah persoalan bersama daerah, maka pemda harus berpikir bersama dengan mengedepankan toleransi. Dalam hal ini perlu segera dibentuk "joint committe" antarpemda yang melibatkan perwakilan kelompok masyarakat.

"Kerja sama bukan hanya antarpemerintah tetapi juga antarmasyarakat untuk bidang infrastruktur tertentu," kata Sultan yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Kagama.

Rektor UGM Prof Dr Pratikno mengatakan, kerja sama dengan pemprov Sultra diharapkan menjadi langkah strategis bagi UGM untuk mendukung pembangunan di wilayah Indonesia bagian timur.

"Hal itu sesuai dengan mandat dari pendirian UGM. Sebagai universitas nasional, UGM tetap mempertahankan mahasiswanya, staf, serta kegiatan penelitian dan pengabdian ke seluruh wilayah Indonesia," katanya.

Gubernur Sultra Nur Alam mengatakan, untuk mempercepat realisasi kerja sama dengan tiga lembaga itu pihaknya akan mendirikan kantor kesekretariatan bersama di Kendari.

Menurut dia, Pemprov Sultra juga siap membantu penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Ke-12 Kagama yang akan berlangsung di Kendari pada 2014. Untuk menyukseskan pertemuan pengurus alumni UGM seluruh Indonesia tersebut Pemprov Sultra sedang membangun hotel untuk menampung peserta munas.

"Kami juga akan membantu separuh pendanaan acara nasional tersebut agar bisa terselenggara dengan baik," katanya.

Pemerintah DIY, UGM, dan Kagama menjalin kerja sama dengan Pemprov Sultra dalam bidang pembangunan daerah, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (B015/M008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013