Dalam persidangan itu diawali dengan hakim menanyakan identitas yang dimiliki  tiga saksi yang hadir
Jakarta (ANTARA) - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyelenggarakan sidang tertutup atas kasus penganiayaan dengan terdakwa Mario Dandy Satriyo (20) dan Shane Lukas (19) karena menghadirkan dua orang saksi di bawah umur yakni D (17) dan AF (16).
 
"Ini kan anak, saudara dewasa keluar dulu, anak kita gelar persidangan secara tertutup," kata Ketua majelis hakim, Alimin Ribut dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa.
 
Dalam persidangan itu diawali dengan hakim menanyakan identitas yang dimiliki  tiga saksi yang hadir yakni D (17), AF (16), dan seorang tim Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Abdanev Jopa (37).
 
Saat ditanyakan hakim, D (17) mengaku kenal terdakwa Mario dan kenal terdakwa Shane. Sedangkan AF (16) kenal terdakwa Mario dan tidak kenal Shane.
 
Lebih lanjut, Abdanev mengaku tidak mengenali kedua terdakwa dalam persidangan tersebut.
 
Kemudian, hakim mengarahkan ketiga saksi melakukan sumpah kemudian persidangan digelar tertutup dengan meminta keterangan kedua saksi di bawah umur.
 
Sementara itu, Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan memeriksa anak berkonflik dengan hukum AG (15) sebagai saksi terakhir dalam sidang kasus penganiayaan dengan terdakwa Mario Dandy Satriyo (20) dan Shane Lukas (19).
 
"Anak AG merupakan saksi mahkota, sehingga diperiksa paling terakhir," kata Kuasa hukum anak AG, Mangatta Toding Allo saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa.
 
Mangatta menuturkan pihaknya sudah mengonfirmasi kepada Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Jakarta Selatan bahwa kliennya memang belum dipanggil Selasa ini.
 
Dalam kesempatan berbeda, ibunda Anastasia Pretya Amanda atau APA, Opy Dewi menuturkan sudah membuat berita acara pemeriksaan (BAP) sebagai konfrontasi atas tanggapan Mario Dandy Satriyo di Polda Metro Jaya pada awal Mei lalu.
 
Opy menuturkan dalam BAP itu pihaknya juga mengajukan permohonan agar anaknya tidak dihadirkan dalam persidangan lantaran harus menjalani pengobatan batu ginjal.

Selain itu, Opy mengatakan kehadirannya dalam sidang ini untuk menemani adik APA, AF (16) sebagai saksi.
 
"Karena memang tidak memungkinkan akhir bulan ini baru akan dilakukan tindakan yang kedua laser batu ginjal," tutupnya.
 
Sidang kasus penganiayaan yang dilakukan dua terdakwa Mario Dandy dan Shane Lukas dilanjutkan pada hari ini pukul 10.00 WIB.
 
Mario (20) dan Shane (19) adalah dua terdakwa penganiayaan terhadap David Ozora (17) pada Senin (20/2), termasuk melibatkan anak AG (15) sebagai anak yang berkonflik dengan hukum (ABH).
Baca juga: Anak AG diperiksa sebagai saksi terakhir dalam sidang Mario dan Shane
Baca juga: Kuasa hukum sebut semua harta Mario bisa disita untuk restitusi David
Baca juga: Hakim tolak permintaan sidang terpisah Mario-Shane

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023