The 13th IHRS 2023 hadir untuk memberikan inspirasi bagi para praktisi dalam menciptakan SDM yang tangguh.
Bali (ANTARA) - Konferensi tahunan The 13th Indonesia Human Resources Summit (IHRS) 2023 yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) resmi ditutup usai menampilkan puluhan pembicara andal di bidangnya.

Mereka membagikan pengetahuan mengenai tren terkini serta perkembangan terakhir dalam industri sumber daya manusia (SDM).

“IHRS memberikan ruang kolaborasi yang inklusif bagi inisIatif-inisiatif dan praktik terbaik pembangunan sumber daya manusia, bukan hanya di lingkup perusahaan dan industri, melainkan juga pada skala nasional,” kata Sekretaris SKK Migas Shinta Damayanti saat menutup penyelenggaraan The 13th IHRS 2023, di Badung, Bali, Selasa.

Shinta menuturkan penyelenggaraan IHRS 2023 yang terselenggara berkat kerja sama SKK Migas dengan tiga perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), yakni PT Pertamina Eksplorasi Produksi (Pertamina EP), Saka Indonesia Pangkah Limited, Eni Muara Bakau BV serta didukung oleh PT Multi Taruna Sejati, dihadiri oleh 1.074 peserta.

Para peserta mempunyai kesempatan untuk belajar mengenai strategi pengelolaan sumber daya manusia yang efektif, pengembangan kepemimpinan, manajemen bakat, dan banyak lainnya yang bermanfaat untuk membantu para peserta agar tetap relevan dalam dunia kerja yang terus berkembang dan berubah.

“The 13th IHRS 2023 hadir untuk memberikan inspirasi bagi para praktisi dalam menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dan mampu melaksanakan akselerasi transformasi bagi keberlanjutan bisnis,” ujar Shinta.

IHRS, katanya lagi, siap berperan dan menggerakkan momentum kebangkitan dari pandemi serta mendorong peran praktisi sumber daya manusia untuk mengubah krisis dan tantangan menjadi kesempatan pada kehidupan normal baru.

IHRS 2023, katanya pula, tidak hanya bertujuan untuk menampilkan perkembangan terbaru di bidang pengelolaan sumber daya manusia yang dapat meningkatkan ketangguhan dan mengubah krisis menjadi kesempatan, namun juga hadir untuk mengobarkan inspirasi dan semangat mewujudkan pemulihan yang berkelanjutan serta menguatkan sinergi dalam membangun sumber daya manusia nasional yang andal.

Shinta menegaskan bahwa saat ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan tindakan, berubah dari sekadar bertahan menjadi berkembang. Momentum untuk berubah dan untuk membuat aksi nyata berfokus pada hambatan, kendala, dan krisis yang dihadapi untuk mencapai tujuan organisasi.

“Kita berada pada masa dimana komunikasi dan interaksi fisik maupun sosial mengalami perubahan radikal. Para pengelola sumber daya manusia dituntut untuk peka dan mampu beradaptasi dengan tantangan aman. Perubahan yang tidak terelakkan sudah sepatutnya dapat dijawab dengan implementasi dari inisiatif-inisiatif yang dibuat, membuat langkah-langkah nyata tanpa kekhawatiran,” ujar dia.

Adapun penyelenggaraan The 13th Indonesia Human Resources Summit 2023 berlangsung selama dua hari, yakni 19-20 Juni 2023 di Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali.
Baca juga: SKK Migas jawab tantangan pekerja pascapandemi lewat IHRS 2023
Baca juga: Cinta Laura mengajak perempuan muda tak takut bahas isu tabu di IHRS


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023