Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap agar maskapai penerbangan dapat melakukan penambahan rute sesuai dengan kebutuhan atau permintaan menjelang libur sekolah dan Idul Adha 1444 Hijriah/2023.

“Hal tersebut penting sebagai bentuk perhatian pihak maskapai maupun para pihak terkait dalam memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang moda transportasi udara,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

PT Angkasa Pura II memprediksi pergerakan penumpang penerbangan meningkat 23 persen atau mencapai 4,9 juta saat memasuki libur sekolah dan Idul Adha 1444 Hijriah/2023.

Bamsoet menyambut baik tren positif peningkatan jumlah pengguna moda transportasi udara tersebut. Pasalnya, hal tersebut menggambarkan bahwa kondisi COVID-19 yang sudah semakin terkendali juga akan berdampak pada tumbuhnya pendapatan maskapai global.

Oleh karena itu, ia meminta kepada para pemangku kepentingan untuk terus memastikan fasilitas layanan dan operasi di bandara siap untuk melayani tingginya lalu lintas penerbangan pada musim liburan kali ini.

“Mengingat antusias masyarakat pada musim liburan sekolah ini mengalami peningkatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga meminta kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan melalui pihak otoritas bandara untuk siaga memantau pergerakan para penumpang pesawat di bandara.

Utamanya, tutur Bamsoet, ketika terjadi peningkatan jumlah penumpang. Menurut Bamsoet, hal tersebut penting untuk menjadi perhatian para pihak otoritas bandara untuk memastikan pengguna pesawat benar-benar memahami, serta mematuhi aturan atau ketentuan yang diberlakukan khusus bagi para pengguna moda transportasi udara.

Baca juga: Ketua MPR minta Kementan petakan kebutuhan kedelai Indonesia

Baca juga: Bamsoet minta BP2MI dan jajaran kementerian lindungi korban TPPO

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023