Sebenarnya UMKM ini, salah satu kendala utamanya berinovasi
Jakarta (ANTARA) - Ekonom dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) Chaikal Nuryakin menggarisbawahi pentingnya UMKM untuk melakukan inovasi agar tetap memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan tangguh atau resiliensi.

"Sebenarnya UMKM ini, salah satu kendala utamanya berinovasi. Berinovasi produk, berinovasi marketing, untuk bisa melakukan resiliensi penjualan," kata Chaikal yang merupakan Kepala LPEM FEB UI itu saat dijumpai di Jakarta, Selasa.

Menurut Chaikal, keberadaan platform digital seperti e-commerce memang telah membantu peningkatan resiliensi UMKM, terutama selama pandemi. Meski begitu, UMKM tetap perlu melakukan inovasi dengan harapan tetap tangguh di masa pemulihan pandemi COVID-19.

Baca juga: Wali Kota Medan sebut rumah kemasan UMKM dibangun tahun ini

Mempertahankan permintaan konsumen mungkin akan lebih mudah dilakukan bagi UMKM yang sudah memiliki toko offline dan online di masa pascapandemi. Meski terjadi perubahan gaya hidup, Chaikal menilai bahwa saat ini konsumen masih menggemari kebiasaan belanja daring.

"Jumlah customer-nya di online itu makin banyak sepanjang pandemi. Kalaupun itu nanti berkurang setelah pandemi, menurut saya, nggak begitu signifikan (penurunannya) seharusnya. Terutama kalau memang kebiasaan orang untuk belanja online itu memang permanen, bukan transitory," kata dia.

Senada, peneliti dari LPEM FEB UI Prani Sastiono memandang bahwa kebiasaan belanja daring tetap diminati oleh konsumen walau pandemi sudah berakhir. Maka langkah selanjutnya, UMKM perlu berinovasi sehingga mampu mempertahankan permintaan dari konsumen seperti saat masa pandemi.

"Untuk ke depannya perlu inovasi-inovasi sehingga demand itu bisa tetap dipertahankan. Karena mungkin orang sudah mulai offline, prefer untuk makan di luar, beli grocery sendiri. Jadi, mungkin harus ada service tambahan atau inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan demand-nya," kata dia.

Baca juga: Kemendag berkomitmen dukung UMKM ajukan pemeriksaan kehalalan

Chaikal memandang bahwa dukungan finansial yang minim menjadi tantangan bagi UMKM untuk berinovasi. Oleh sebab itu, menurut dia, pemerintah juga perlu turut andil untuk memberikan subsidi kepada UMKM yang memiliki kemampuan untuk berinovasi.

"Untuk naik kelas, dia (UMKM) harus mendiferensiasi produk. Agar dia sustain, agar dia bisa jadi tumbuh, dia harus inovasi produk. Mendiferensiasi produknya dari UMKM lain. Pemerintah, menurut saya, harus mensubsidi inovasi ke UMKM yang memang punya kemampuan untuk itu," pungkas Chaikal.

Baca juga: Menkop UKM sebut kemudahan akses pembiayaan membantu UMKM maju

Baca juga: Pengamat: Satelit Republik Indonesia-1 bantu UMKM di daerah 3T

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023