Jakarta (ANTARA News ) - Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk berusaha meningkatkan jumlah pelanggan pengguna layanan data 3G dengan menggarap segmen emerging middle class (EMC).

"Kami mengharapkan migrasi pelanggan pengguna jaringan 2G ke jaringan 3G dari segmen EMC meningkat dalam dua tahun mendatang," kata General Marketing Access Consumer Marketing PT XL Axiata, Selfie Dewiyanti, di Jakarta, Jumat.

Total pelanggan XL, menurut Selfi, mencapai 45,8 juta pada 2012 dengan 56 persen dari total pelanggan itu merupakan penggguna layanan data.

Selfi menjelaskan segmen EMC merupakan pelanggan kelas menengah berusia 14-22 tahun yang mempunyai kebutuhan akses Internet.

"(Persentase) segmen EMC (XL) itu 50 persen dari total pelanggan data," kata Selfie tentang jumlah pelanggan segmen yang mencapai sekitar 12 juta.

Pelanggan data berkontribusi 20 persen terhadap pendapatan total XL pada 2012, sedangkan layanan suara (voice) mencapai 50 persen, dan pesan singkat (sms) sebesar 28 persen.

"Tahun ini sekitar 25 - 30 persen," kata Manager Public Relations Corporate Communications, XL Axiata, Henry Wijayanto tentang target kontribusi pelanggan data terhadap pendapatan XL pada 2013.

Terkait rencana pembukaan layanan WiFi di tempat-tempat publik, Selfie mengatakan, "masih dalam proses review."

"Ada aspirasi ke sana. Mudah-mudahan tahun ini," kata Selfie.

(I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013