Saya berharap program ini bisa membawa mitra UMKM binaan rumah BUMN dapat naik kelas bahkan meraup untung.
Medan (ANTARA) - PLN Mobile sukses membuat pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dibanjiri puluhan ribu pelanggan, dan tercatat salah satu mitra binaan rumah BUMN asal Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) meraup omzet naik 20 persen hingga 31 Mei 2023.

"Saya berharap program ini bisa membawa para mitra UMKM binaan rumah BUMN dapat naik kelas bahkan meraup untung, sehingga mampu meningkatkan perekonomian rakyat," kata General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid, dalam keterangan diterima, Selasa.

Awaluddin menyebutkan PLN memberikan wadah bagi pelaku UMKM melalui fitur marketplace di aplikasi PLN Mobile.

Melalui aplikasi ini akan memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produknya secara online dan dapat dikirimkan ke berbagai daerah dengan biaya yang jauh lebih murah.

"Bagi masyarakat yang ingin membeli produk keripik sambal Mak Lin melalui marketplace. Download aplikasi PLN Mobile di Appstore atau Playstore pada smartphone. Nikmati berbagai kemudahan layanan PLN hanya dalam satu genggaman," kata Awaluddin.

Salah satu mitra binaan rumah BUMN yang merasakan manfaatnya adalah Ceramah Zega, pemilik Keripik Sambal Mak Lin.

Zega mengatakan hasil penjualannya meningkat hingga 20 persen dari hari biasanya.

"Sejak program Hari Belanja Nasional ditutup pada tanggal 31 Mei 2023, kami berhasil menjual kurang lebih 292 transaksi penjualan di marketplace PLN Mobile. Selama periode program tersebut omzet kami juga meningkat dari sebelumnya hingga 20 persen dari hari biasa," ujarnya lagi.

Zega juga berharap promo tambah daya dengan belanja produk UMKM ini dapat berkelanjutan, karena berdampak positif dalam peningkatan ekonomi usaha menengah kecil di daerahnya.
Baca juga: PLN jamin pasokan listrik saat peringatan HUT Ke-43 Dekranas di Medan
Baca juga: PLN kerja sama BKSDA bangunan jaringan listrik di hutan konservasi

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023