Malang (ANTARA) — Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menegaskan bahwa Pancasila telah terbukti merulakan jawaban atas beragam tantangan berskala lokal maupun global.

“Secara Lokal dapat terbukti dengan bagaimana negara berperan aktif dalam upaya penghentian wabah Covid 19 dan dalam upaya pemulihan masalah multidimensional yang dihadapi masyarakat Pasca Pandemi. Bahkan, melihat jauh ke belakang sudah lebih dahulu Indonesia dengan Pancasilanya dapat menjadi jawaban atas problem global saat itu yaitu kolonialisme,” ujar Benny saat memberikan sambutan di acara Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan Universitas Brawijaya, di Malang, Jawa Timur, Selasa. 

Pada kesempatan yang sama,Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Unbraw Setiawan Noerdjasakti menyatakan bahwa proses berPancasila adalah proses belajar terus menerus yang tidak akan pernah selesai. Karenanya, berbagi kebaikan adalah bukti paling nyata dari proses pembumian Pancasila, menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Tidak bisa hanya sebatas teori, namun bergerak nyata dengan menyebarkan kebaikan kebaikan dan nilai nilai luhur kehidupan berbangsa merupakan langkah paling nyata dalam upaya mengembagkan keluarga, lingkungan dan masyarakat yang berpancasila,” pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023