Jakarta (ANTARA) - Menghilangkan jerawat yang kemerahan tentu akan sangat mengesalkan terlebih jika jerawat muncul di saat tak terduga.

Belakangan viral di media sosial, seorang wanita menemukan cara cepat menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan menggunakan obat tetes mata.

Laman Insider pada Rabu waktu setempat menuliskan direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, Dr. Joshua Zeichner mengatakan hal itu bisa berhasil, tetapi mungkin memiliki beberapa efek samping yang tidak terduga. Itu juga tidak mencegah pembentukan jerawat sejak awal.

Zeichner mengatakan bahwa beberapa tetes mata anti-kemerahan mengandung bahan yang disebut brimonidine, yang menyebabkan otot di sekitar pembuluh darah berkontraksi. Menurutnya, ini mengurangi jumlah darah di area tersebut dan menghilangkan kemerahan untuk sementara.

Baca juga: Hati-hati, obat jerawat bisa sebabkan alergi serius

Dia mengatakan bahan aktif yang sama tersedia dalam krim resep untuk mengobati rosacea yaitu suatu kondisi yang melibatkan kemerahan pada wajah dan kulit memerah.

Meskipun menggunakan obat tetes mata pada jerawat dapat bekerja dalam keadaan darurat, namun ia mengatakan tidak akan mengatasi penyebab jerawat atau membantu jerawat sembuh lebih cepat.

Dia juga mengatakan menggunakan obat tetes mata pada jerawat bisa mendatangkan beberapa efek samping. Pertama, area sekitar jerawat juga dapat dipengaruhi oleh obat tetes mata dan menjadi sangat pucat.

Zeichner juga memperingatkan agar tidak mencoba trik ini jika Anda menderita sindrom Raynaud, suatu kondisi di mana pembuluh darah di jari tangan dan kaki menyempit sebagai respons terhadap dingin, karena obat tetes mata dapat memperkuat gejala.

Untuk hasil yang lebih baik dan waktu penyembuhan yang lebih cepat, Zeichner menyarankan perawatan jerawat yang mengandung benzoil peroksida yang menurunkan kadar bakteri penyebab jerawat dan peradangan kulit.

Bahan ini lazim di banyak produk perawatan muka berjerawat, mulai dari pencuci muka sehari-hari hingga perawatan sehari-hari. Benzoil peroksida dapat menghilangkan benjolan jerawat dengan lebih cepat.

Baca juga: Jangan sepelekan mata kering, ini bahayanya

Baca juga: Bolehkah pakai obat tetes mata saat berpuasa?

Baca juga: Pola makan untuk si kulit berjerawat

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023