Jakarta (ANTARA News) - Tim putra Universitas Esa Unggul (UEU) dan Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) melaju ke semifinal Liga Bola Basket Mahasiswa (LIMA) setelah mengalahkan lawan-lawan mereka di pertandingan lanjutan di Gedung Basket Gelanggang Remaja Pulogadung, Jakarta, Jumat.

UEU berhasil mengalahkan salah satu tim favorit yaitu Universitas Surabaya (Ubaya) dengan skor 77-69 melalui pertandingan sengit yang harus berlanjut hingga over time. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan kedua mereka di putaran final setelah sebelumnya menang atas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan kedudukan 74-70.

Dengan dua kemenangan tersebut UEU mengemas empat poin sehingga berhak melanjutkan ke babak semifinal sebagai wakil Grup A.

Sementara ITHB memastikan tiket ke semifinal sebagai wakil Grup C melalui kemenangan mudah 86-49 atas Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelumnya pada Kamis (21/2) ITHB secara meyakinkan membuka peluang lolos ke semifinal setelah mengalahkan Universitas Airlangga (Unair) dengan kedudukan 69-57.

Selanjutnya di babak semifinal UEU akan berhadapan dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci pada Sabtu (23/2). UPH sudah terlebih dahulu memastikan tempat ke empat besar dari Grup D setelah memenangi dua laga mereka melawan Universitas Widyatama dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan kedudukan 69-25 serta 73-36.

Sementara ITHB akan melawan wakil dari Grup B yaitu Perbanas Institute pada hari yang sama. Perbanas juga terlebih dahulu mengantongi tiket ke semifinal setelah menang 59-45 atas Universitas Atmajaya Yogyakarta dan mengalahkan Universitas Bung Hatta dengan skor 80-28.

Pertandingan antara UEU melawan Ubaya berlangsung cukup menegangkan setelah kedua tim kerap kejar mengejar perolehan angka di setiap kuarternya.

Kuarter pertama UEU berhasil menyudahi dalam keunggulan 19-11, namun di kuarter kedua Ubaya bangkit dan mengejar kedudukan menjadi 33-33.

Pada kuarter keempat Ubaya justru unggul atas UEU dengan kedudukan 50-39. Ubaya memang berhasil meninggalkan jauh perolehan poin per kuarter kedua tim yaitu 17 berbanding enam saja.

Namun, UEU yang tak mau menyerah begitu saja kembali menemukan permainan terbaik mereka di kuarter keempat dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak overtime saat mereka mengubah kedudukan sementara menjadi 63-63.

UEU akhirnya membuktikan diri sebagai tim yang lebih baik saat mereka meninggalkan perolehan poin Ubaya di babak overtime 14-6. Mereka berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 77-69 dan melaju ke semifinal.

Sementara itu pertandingan antara ITHB melawan UGM berjalan dengan berat sebelah untuk tim ITHB dalam kemenangan 86-49.

ITHB menang mudah dengan keunggulan di tiap kuarter 26-15, 50-23, 73-34 dan 86-49. Di tiga kuarter pertama ITHB bahkan meraih lebih dari 20 angka di setiap kuarter. Hanya pada kuarter keempat, UGM berhasil mengalahkan perolehan poin per kuarter yaitu 15-12.

Meski demikian ITHB tetap menjadi wakil Grup B di semifinal dengan perolehan empat poin yang mereka kemas melalui dua kali kemenangan.

(G006/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013