Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat ekosistem halal melalui kerja sama dengan 18 lembaga zakat nasional (LAZNAS), salah satunya dengan memfasilitasi layanan pembelian hewan kurban via BSI Mobile.
 
Layanan ini mempermudah masyarakat dalam membeli hewan kurban untuk ibadah dimana pada 2022 BSI bersama beberapa LAZNAS memfasilitasi pembelian 1.186 ekor hewan kurban dengan nilai mencapai Rp2,5 miliar.
 
“Perseroan ingin ambil bagian dalam penguatan transaksi halal, salah satunya memberikan edukasi kepada masyarakat muslim untuk membeli hewan kurban sapi maupun kambing dengan cara transaksi yang halal dari hulu hingga hilir," kata SEVP Digital Banking BSI Saut Parulin Saragih dalam keterangan resmi, Rabu.
 
Ia berharap BSI Mobile mempermudah masyarakat yang kesulitan mencari agen atay penjual hewan kurban di sekitar area tinggalnya.
 
"BSI Mobile hadir sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual. Artinya, BSI siap menjadi bagian transaksi halal para nasabah melalui pembelian hewan kurban, yakni sebagai sahabat sosial," katanya.
 
Minat masyarakat terhadap transaksi sosial di BSI Mobile cukup baik dengan rata-rata 900 ribu transaksi per bulan bernilai hingga Rp8 miliar.
 
Adapun BSI memilih 18 LAZNAS terpercaya untuk menyediakan hewan kurban bagi nasabah dengan range harga mulai dari Rp1,5 juta dan dilengkapi dengan sertifikat pembelian hewan kurban yang dikirim langsung ke email nasabah.
 
Hewan kurban yang dipilih juga dapat didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), guna menjangkau orang-orang yang berhak menerima kurban.
 
Untuk membeli hewan kurban via BSI Mobile, nasabah bisa membuka BSI Mobile, memilih menu 'beli', memilih menu Hewan Kurban, memilih nomor rekening sumber dana, memilih pemasok, memilih hewan kurban, memasukkan nama orang yang berkurban, memasukkan email, memasukkan PIN, dan mengecek detail pembelian hewan kurban sebelum mengeklik "selanjutnya" jika detail sudah benar.
 
Terakhir, resi pembelian akan muncul dan email detail pembelian akan dikirim ke email nasabah.

Baca juga: Dokter hewan beri tips memilih hewan kurban yang sehat

Baca juga: PP Aisyiyah serukan penggunaan daun dan besek untuk daging kurban

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023