Jayapura (ANTARA) - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Pusat Bima Arya mengajak semua pihak berkolaborasi untuk memajukan seluruh kota yang berada di wilayah Indonesia timur

"Kalau ingin memajukan kota yang ada di Indonesia timur maka semua harus berkolaborasi dan koordinasi sehingga bisa berkembang seperti kota di Pulau Jawa dan Sumatera," katanya saat membuka Rapat Kerja Wilayah VI APEKSI di Papua Youth Creative Hub di Kota Jayapura, Rabu.

Menurut Arya, rapat kerja APEKSI bukan hanya identik dengan acara seremoni untuk menjaring aspirasi dan silaturahmi tetapi juga fokus untuk memperjuangkan serta membangun sinergi dan kolaborasi bersama.

Dia menjelaskan langkah Presiden Joko Widodo untuk memindahkan Ibu kota negara ke Kalimantan Timur merupakan sesuatu langkah yang berani.

"Sehingga kami berharap agar semua pihak bekerja keras dan berkolaborasi agar masa depan Indonesia dengan ibu kota negara di Kalimantan Timur akan membawa kesejahteraan bagi kota-kota di Indonesia timur," ujarnya.

Dia menambahkan seluruh kota harus menjadi penggerak utama guna mewujudkan Indonesia menjadi negara yang maju dengan ekonomi terkuat pada 2045.

"Artinya kota harus berada di depan tetapi juga harus bisa memaksimalkan potensi yang ada dan terpenting ialah meningkatkan kolaborasi bersama," katanya lagi.

Dia mengatakan APEKSI juga identik dengan sinergi maka para wali kota tetap kuat tidak hanya menjadi inspirasi tetapi juga fokus untuk memperjuangkan harapan menjadi kenyataan.

Baca juga: 24 wali kota tanam pohon bersama tutup rangkaian Raker APEKSI

Baca juga: Wali Kota Medan ajak Apeksi bangkitkan ekonomi melalui UMKM

Baca juga: APEKSI: Pemkot harus perkuat pasar domestik, dongkrak ekonomi tumbuh





Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023