Semarang (ANTARA) - Prof. Dr Suharnomo ditetapkan Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sebagai Rektor terpilih Undip periode 2024-2029, menggantikan Prof. Yos Johan Utama.

Ketua MWA Undip Prof. Mohamad Nasir, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Semarang, Rabu, menyebutkan proses Pemilihan Rektor  Undip Periode 2024-2029 telah dimulai pada Januari 2023.

Tahapannya, diawali tahap penjaringan dengan empat pendaftar bakal calon rektor, yakni Prof. Mochamad Agung Wibowo (Fakultas Teknik), Prof. Suharnomo (Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Dua lagi, Prof. dr Muhamad Thohar Arifinm Sp.BS. (K) dari Fakultas Kedokteran, dan Prof Budi Setiyono dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Baca juga: Traveloka-WRI-BEM Undip berkolaborasi untuk wisata berkelanjutan

Baca juga: Undip bersama DP3AP2KB Jateng gelar "SERAT KARTINI"


"Proses Pemilihan Rektor dilanjutkan dengan tahap penyaringan yang dilaksanakan pada bulan Juni 2023, tepatnya pada tanggal 8 Juni 2023," kata mantan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi itu.

Pada tahap penyaringan, dilakukan pemaparan program kerja bakal calon rektor, dan berdasarkan usulan daftar hasil penilaian oleh panelis yang disampaikan kepada Panitia Pemilihan diperoleh tiga dengan urutan nilai tertinggi.

"Dimulai dari Prof Suharnomo, diikuti Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, dan Prof. dr. Muhamad Thohar Arifin, Sp.BS. (K)," sebutnya.

Memasuki tahap pemilihan dan penetapan calon rektor, MWA Undip mengadakan kegiatan Debat Calon Rektor Undip tahun 2024-2029 yang bersifat terbuka sehingga civitas akademika dapat mengaksesnya.

Baik melalui siaran streaming YouTube Undip TV Official maupun menyaksikan langsung melalui layar yang sudah disiapkan di Gedung Prof. Soedarto, Undip, Selasa (20/6) kemarin.

Pada tahap pemilihan dan penetapan calon rektor oleh MWA, Suharnomo meraih sebanyak 14 suara, M. Agung Wibowo sebanyak sembilan suara, sedangkan Thohar nol suara sehingga MWA menetapkan Suharnomo sebagai Rektor terpilih Undip untuk masa jabatan 2024-2029.

Dalam debat calon rektor, Suharnomo yang juga Dekan FEB Undip menyampaikan pencapaian indikator kinerja utama pertama Undip yang sangat membanggakan adalah "tracer study" dan alumni yang banyak bekerja di perusahaan multinasional.

Agung menyampaikan misi "Go Global, Good Governance", bahwa go global adalah prestasi Undip di level internasional, sedangkan good governance adalah tata kelola transparan dan akuntabel

Sementara Thohar menyampaikan bahwa Undip memiliki tanggung jawab untuk memantapkan World class university, melalui matching fund, riset, serta bagaimana pentingnya mengatur database yang dimiliki.*

Baca juga: FISIP Undip jajaki kerja sama dengan Griffith University

Baca juga: Guru Besar Undip harap Kemenkes tak tergesa-gesa dalam RUU Kesehatan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023