Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Sean Gelael sangat antusias mendukung sang ayah Ricardo Gelael yang bakal berlaga pada seri pertama kejuaraan Reli Danau Toba atau KFC Danau Toba Rally 2023 di area perkebunan di Parapat, Sumatera Utara, pada Sabtu-Minggu (24-25/6).

Sean memang absen dalam ajang tersebut. Namun dia tetap andil dengan memberikan masukan kepada Ricardo agar dapat meraih maksimal pada kejuaraan nasional (kejurnas) reli tersebut.

"Saya memberikan beberapa masukan soal setelan mobil, tinggal ayah maunya seperti apa disesuaikan dengan kesukaannya. Saya yakin ayah bisa tampil lebih baik dari penampilannya saat meraih podium di reli ini tahun lalu," kata Sean melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ricardo pada September 2022 meraih podium pada Reli Danau Toba yang juga berstatus Reli Asia Pasifik. Masih mengendarai Citroen C3 R5, kali ini Ricardo berlaga bersama co-driver yang selama ini menemani Sean, Hugo Magalhaes Ismael asal Portugal.

Pada latihan pengenalan SS di Negeri Dolok, kemarin, dukungan yang diberikan Sean bukan hanya moril tapi juga teknis. Dia bahkan menjajal lebih dulu Citroen tersebut sebelum diserahkan kepada sang ayah.

Sementara itu, Ricardo mengatakan yang sudah pasti setelan dari Sean itu untuk kemampuan optimal mobil. "Tentu bagi saya harus ada penyesuaian, baik dari sisi faktor usia saya maupun skill. Hugo membantu penyesuaian itu karena dia pernah bersama Sean," ujarnya.

Baca juga: Ricardo Gelael tampil gemilang dan sukses ke podium Reli Danau Toba

Selain Ricardo, beberapa pebalap nasional siap berlomba. Wakil tuan rumah, Musa "Ijeck" Rajekshah salah satu di antaranya. Wakil Gubernur Sumatra Utara ini masih mengendarai Skoda Fabia bersama co-driver Hervian Soedjono.

Ryan Nirwan (Toyota), Bintang Barlean (Subaru), H Rahmat (Hyundai), dan Rihans Variza (Ford) adalah beberapa nama lain yang meramaikan KFC Danau Toba Rally 2023 dengan beragam pabrikan.

Sesi shakedown digelar Kamis (22/6) di area Aek Nauli. Total 39 peserta akan memaksimalkan lintasan tersebut sebelum memulai reli dua hari kemudian.

Jadwal KFC Danau Toba Rally 2023

LEG I
Sabtu, 24 Juni
SS1: Negeri Dolok 1 (8,19 km)
SS2: Huta Tonga 1 (16,67 km)
SS3: Aek Nauli Gorbus 1 (25,09 km)

SS4: Negeri Dolok 2 (8,19 km)
SS5: Huta Tonga 2 (16,67 km)
SS6: Aek Nauli Gorbus 2 (25,09 km)

LEG II
Minggu, 25 Juni
SS7: Negeri Dolok Reverse (7,94 km)
SS8: Huta Tonga Reverse (16,42 km)
SS9: Aek Nauli Gorbus Reverse (24,12 km)

Baca juga: IMI kian percaya diri gelar WRC
Baca juga: Wagub Sumatera Utara puas dengan pelaksanaan Reli Danau Toba 2002

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023