saat ini sudah 30 persen yang sudah dipinang oleh perusahaan
Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan mahasiswa harus memiliki pemikiran yang imajinatif dan kreatif dalam membangun usaha dan menciptakan lapangan kerja.

“Saya berharap para mahasiswa untuk mengubah pola pikir kita ke depan, yakni memberikan pekerjaan, dan bukan mencari pekerjaan.Selamat kepada para mahasiswa yang diwisuda" ujar Edy Rahmayadi usai menghadiri acara wisuda Pascasarjana, Diploma, Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab), di Medan, Rabu.

Menurut Edy Rahmayadi, jumlah sarjana yang dilahirkan setiap tahunnya tidak sebanding dengan penerimaan dunia kerja. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh mahasiswa untuk menanamkan pemikiran berwirausaha setelah lulus kuliah.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini juga menjelaskan Sumatera Utara memiliki 217 Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri yang setiap tahunnya mewisuda para sarjana.

“Terakhir saya saya menitip pesan pada wisudawan, untuk memegang teguh kejujuran dalam setiap kehidupan, baik di dunia usaha dan juga bekerja serta lainnya,” kata Edy.

Baca juga: Sarjana Diminta Buka Lapangan Kerja
Baca juga: Perbankan siap bantu sarjana jadi pengusaha


Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi, Muhammad Isa mengatakan sebanyak 30 persen mahasiswa yang diwisuda tahun ini sudah dilirik sejumlah perusahaan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Tanggung jawab kita sebagai kampus bagaimana para mahasiswa usai lulus dapat bekerja dan saat ini sudah 30 persen yang sudah dipinang oleh perusahaan, baik dalam dan juga luar negeri untuk bekerja,” ujar Muhammad Isa.

Dalam kesempatan itu Muhamaad Isa juga menyampaikan kepada mahasiswa yang diwisuda untuk terus belajar. Karena, kata dia, bahwa perjuangan ke depan akan lebih berat.

"Kepada mahasiswa yang sudah diwisuda Jangan berhenti belajar. Saya juga menyampaikan terima kasih pada Pemprov Sumut yang telah memberikan perhatian pada Unpab selama ini," katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek dorong mahasiswa jadi wirausahawan
Baca juga: 800 sarjana wirausaha Sulbar diusulkan bantuan modal

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023