Jakarta (ANTARA) - Pervis Estupinan mengaku bangga menjalani musim pertamanya bersama Brighton & Hove Albion setelah kepindahannya dari Villareal pada Agustus 2022.

“Saya akan meringkas musim pertama saya di sini menggunakan kata kebanggaan,” kata Estupinan dilansir melalui laman resmi klub, Kamis.

Estupinan sangat menikmati musim pertamanya bersama Brighton karena mendapatkan banyak menit bermain.

Pesepak bola yang berposisi sebagai bek kiri itu tampil 41 kali di seluruh pertandingan dengan satu gol dan delapan assists, demikian dilansir dari Transfermarkt.

Torehannya itu turut membantu klub yang bermarkas di Stadion American Express Community itu finis pada posisi keenam Liga Inggris 2022/2023 dengan 60 poin, sekaligus mengamankan satu tiket untuk berlaga pertama kali di kompetisi antar klub Eropa musim depan.

“Saya sangat bangga bahwa saya telah memainkan banyak pertandingan, begitu banyak menit bermain,” ucap Estupinan.

Pemain tim nasional Ekuador itu mengatakan adaptasinya yang berjalan lancar juga menjadi faktor penting menikmati musim perdana bersama klub yang berbasis di Inggris selatan tersebut.

Estupinan mengungkap faktor rekan senegara seperti Moises Caicedo dan Jeremy Sarmiento serta rekan-rekannya yang berasal dari Amerika Selatan seperti Julio Enciso (Paraguay), Facundo Buonanotte (Argentina), Alexis Mac Allister (Argentina), dan Tom McGill (Kanada) membantu adaptasinya berjalan cepat.

“Tidak mudah mengubah negara dan bahasa. Rekan tim saya membantu saya, ada beberapa dari negara saya dan orang Amerika Selatan lainnya membantu saya untuk beradaptasi, yang berarti saya bisa fokus secepat mungkin,” ujar pesepak bola kelahiran 21 Januari 1998 itu.

Dalam kesempatan yang sama, tampil apik bersama Brighton pada musim pertama, pesepak bola 25 tahun itu tidak melupakan jasa sang pelatih Roberto De Zerbi yang sangat membantu perkembangannya.

“Dia (De Zerbi) telah banyak membantu saya dengan pergerakan saya di lapangan, menemukan ruang, celah yang dibiarkan terbuka oleh lawan untuk kami. Dia memberi saya kepercayaan diri untuk menjadi diri saya sendiri, bermain seperti yang saya inginkan,” ucap Estupinan.

Ia mengungkap mantan pelatih Sassuolo itu sebagai pelatih yang sangat dekat dengan para pemain dan jago dalam memotivasi para pemain untuk selalu memberikan hal lebih setiap pertandingan.

“Roberto adalah pria yang menyenangkan. Dia sangat dekat dengan para pemain dan bercanda dengan kami,” ucap bek kiri setinggi 1,75 meter itu.

“Dia selalu menginginkan lebih dan lebih dan ini menular dan menyebar ke para pemain. Ini sangat penting bagi kami karena dia menyalurkan semangat dan energinya, inilah mengapa kami sangat mudah cocok dengannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, meneken kontrak hingga 2027, Estupinan termotivasi untuk terus berkembang bersama Brighton pada musim-musim ke depan.

“Saya merasa sangat baik, percaya diri dan termotivasi untuk terus berkembang,” kata Estupinan.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023