Bu Mega meminta saya untuk menyiapkan tarian kecak itu yang ditarikan oleh wanita.
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 3.000 penari akan menarikan tari kecak, tarian khas Bali, dalam acara peringatan Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (24/6).
 
Tari kecak tersebut dipersembahkan oleh putra bungsu Bung Karno, Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra alias Guruh Soekarno.
 
"Saya mungkin mengingatkan dahulu, ya, saya di sini menyiapkan suatu cabang kesenian dari Bali, tari kecak. Pasti semuanya sudah tahu. Tari kecak itu di Bali 'kan biasanya ditarikan oleh pria. Akan tetapi, kali ini ditarikan semuanya oleh 3.000 wanita," kata Guruh Soekarno saat gladi kotor puncak peringatan Bulan Bung Karno di GBK, Kamis.
Apa yang dipersembahkannya dalam acara ini, kata dia, merupakan hal yang tak biasa. Pasalnya, tari kecak itu akan dilakukan seluruhnya oleh wanita.
 
Diungkapkan oleh Guruh bahwa tarian ini pernah dilakukan oleh sang Proklamator RI pada tahun 1958 hingga pagelaran Asian Games 1962.

Tarian kecak yang ditarikan oleh wanita berawal dari ide Bung Karno mulai 1958, kemudian berlanjut hingga Asian Games ke-4. Hal inilah yang membuat Guruh ingin melanjutkannya.
 
Meski begitu, Guruh juga diminta secara langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menyiapkan tarian kecak pada acara BBK tahun ini. Tarian kecak ini akan diberi judul Soekarnoyana.
 
"Bu Mega meminta saya untuk menyiapkan tarian kecak itu yang ditarikan oleh wanita, dan tarian ini saya beri judul biasanya kalau yang di Bali itu tradisional mengambil kisah Ramayana, tetapi ini tentang Bung Karno secara singkat. Maka, judulnya adalah Soekarnoyana, ya, kecak ini," tuturnya.
 
Guruh lantas menjelaskan, "Artinya kisah Ramayana artinya kisah Sri Rama, ya, riwayatnya Sri Rama. Soekarnoyana kisah atau riwayat tentang Soekarno."
 
Ia menyiapkan semuanya kurang lebih hanya 1 bulan. Sementara itu, untuk para penari tersebut didatangkan dari Jakarta dan sekitarnya. Kendati begitu, semua merepresentasikan keindonesiaan.
 
"Penarinya, tadinya sih saya pengin dari daerah-daerah. Akan tetapi, karena waktu yang sempit itu, saya memutuskan mengambil penari-penari dari Jakarta dan sekitarnya," tutur Guruh.
 
Jika para penari wanita ini tampil dalam acara tersebut, menurut dia, menunjukkan bahwa kaum perempuan juga bisa.
 
"Di sini kami hanya ingin bahwa wanita Indonesia itu punya apa, ya, semangat juang untuk berbakti pada tanah air tercinta, jadi wanita bukan hanya, misalnya dalam tari-menari cuman yang lemah gemulai saja, tetapi bisa wanita Indonesia itu perkasa," ucapnya.

Baca juga: Puan sebut adanya kejutan di puncak Bulan Bung Karno 2023
Baca juga: Puan dan Hasto tinjau lokasi puncak Bulan Bung Karno 2023

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023