Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mulai berbenah dari segala macam aspek sepak bola mulai dari pengembangan pemain muda, kompetisi liga lalu infrastruktur dan tak terkecuali wasit.

Untuk urusan pengadil di atas lapangan, PSSI telah mengadakan kerjasama khusus dengan Japan Football Asociation (JFA) dalam pembinaan dan pengembangan wasit secara berkelanjutan.

Baru-baru ini bentuk kerjasama antara PSSI dengan Japan Football Association (JFA) yaitu proses seleksi wasit untuk tiga kasta kompetisi Liga Indonesia musim 2023/2024.

JFA yang mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager) yang bertindak sebagai instruktur dan pengawas.

Baca juga: PSSI jalin kerja sama pengembangan sepak bola dengan JFA

Seleksi dilakukan mulai tanggal 15 hingga 16 Juni, Seleksi wasit dan asisten wasit untuk kompetisi di tiga kasta Liga Indonesia pada tahun 2023/2024 melalui tiga tahap tes, yakni Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test, LOTG Tes.

Proses seleksi itu diikuti 161 wasit dan 2 asisten wasit berlisensi FIFA, lalu 1 wasit berlisensi AFC Elite Referee. Dari 55 wasit Liga 1 2022/2023 yang ikut serta dalam tes, terdapat 27 wasit lulus tes, ditambah 1 wasit AFC Elite Referee. Dimana 18 peringkat teratas memenuhi kuota Liga 1, sisanya akan bertugas di kursi kuota Liga 2 pada peringkat 15-24.

Namun demi memberikan jaminan bagi sang pengadil agar tetap berdiri adil tanpa adanya intervensi ataupun main suap di luar lapangan maka PSSI telah mengantisipasi dengan memberdayakan wasit maupun industri sepak bola Indonesia sendiri ke arah yang sehat.

Baca juga: Indonesia menimba ilmu sepak bola dari Samurai Biru

Selanjutnya: Jaminan untuk wasit

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023