Ini merupakan sebuah prestasi di mana Forum Bisnis dan Inovasi sebesar ini dilakukan tidak di ibu kota negara, tapi di sebuah kabupaten di Pulau Sulawesi
Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam dalam Festival Lestari menjadi gebrakan model pendekatan baru sumber daya alam.

"Ini sebuah gebrakan dan keberanian untuk mencoba model pendekatan baru sumber daya alam," ujar Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM Saribua Siahaan dalam pembukaan Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam di Bukit Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat.

Menurut dia, Kementerian Investasi sangat mengapresiasi upaya-upaya yang sedang dilakukan oleh Kabupaten Sigi bersama Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam dengan konteks cagar biosfer Lore Lindu.

"Ini merupakan sebuah prestasi di mana Forum Bisnis dan Inovasi sebesar ini dilakukan tidak di ibu kota negara, tapi di sebuah kabupaten di Pulau Sulawesi, yang berhasil bangkit dari berbagai hantaman pascabencana gempa dan likuifaksi maupun COVID-19. Kami ucapkan salut dan selamat sekali lagi," kata Saribua.

Melalui Forum Bisnis dan Investasi ini, Kementerian Investasi berharap akan banyak partisipasi dan kerja sama yang terbentuk dari para pihak misalnya investor, enabler, pelaku UMKM, offtaker, dan lainnya. Kegiatan ini diharapkan menciptakan peluang investasi dan kerja sama untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan di daerah.

"Saya berharap bahwa festival ini bisa menjadi contoh nyata penyelenggaraan acara yang terencana dan mampu menghasilkan tindak lanjut bersama dalam jangka panjang," kata Saribua.

Dalam kesempatan sama, Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan bahwa Festival Lestari yang dilaksanakan di Kabupaten Sigi merupakan pelaksanaan festival ke-5 dan pertama kalinya festival dilaksanakan secara luring setelah pandemi COVID-19. Festival kali ini mengambil tema "Tumbuh Lebih Baik".

"Salah satu bagian penting dari Festival Lestari adalah Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam yang merupakan forum bisnis dan investasi pertama di Indonesia yang mengangkat secara serius pendekatan ekonomi lestari dan keterkaitan rantai pasok dengan usaha melindungi keanekaragaman hayati bumi Indonesia," ujarnya.

Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam akan menyajikan ragam portofolio bisnis dan investasi dengan pendekatan inovasi basis alam yang dikembangkan Provinsi Sulawesi Tengah lewat Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Poso, dan Kota Palu serta kabupaten anggota LTKL lainnya secara bertahap dengan asistensi Kementerian Investasi dan para mitra.

Para peserta akan mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pelaku usaha hilirisasi, petani dan pekebun komoditas yang hari selanjutnya akan dilanjutkan dengan berkunjung ke beberapa lokasi produksi komoditas dari kopi, kakao, bambu, dan vanili.

Baca juga: BKPM: Kunjungan Kaisar Jepang bukti RI jadi negara ramah investasi
Baca juga: BKPM: Pencabutan status pandemi berpotensi naikkan minat investasi
Baca juga: BKPM sebut banyak negara melirik investasi lestari di Indonesia

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023