“Pelepasliaran bibit ikan ini dipusatkan di tempat yang dinilai mengalami penurunan ketersediaan jumlah ikan yang biasa dipanen dan dikonsumsi para nelayan,"
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah berupaya meningkatkan jumlah dan menjaga populasi ikan di perairan umum dengan melepasliarkan 47 ribu lebih bibit ikan di Danau Panjang dan Danau Rigei, Kelurahan Tumbang Tahai.

"Jenis bibit ikan ini disiapkan Dinas Perikanan dan kami lepasliarkan di dua danau ini adalah 30.000 ikan jelawat, 13.177 ikan gabus dan 4.593 ikan Gurame," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin di Palangka Raya, Jumat.

Fairid yang merupakan kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalteng mengatakan, pelepasan bibit ikan atau "restocking" itu sebagai upaya memperkaya jumlah ikan di danau itu yang selama ini menjadi lokasi penangkapan ikan oleh warga.

Dia pun mengajak masyarakat "Kota Cantik" bijak memanfaatkan potensi di danau tersebut. Diantaranya seperti menangkap ikan dengan cara ramah lingkungan dan menjaga habitat alam agar ikan tetap dapat berkembang biak dengan baik.

"Harapan saya kegiatan ini memberikan manfaat langsung sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan hidup nelayan kecil. Selain itu sebagai penopang ekonomi masyarakat atau UMKM dalam membuat produk olahan berbahan ikan," kata Fairid.

Kepala Dinas Perikanan Ritadewi "Kota Cantik" Indriarti Ritadewi berharap kegiatan "restocking" ini dapat menambah stok ikan serta dapat meningkatkan hasil produksi ikan di perairan umum.

“Pelepasliaran bibit ikan ini dipusatkan di tempat yang dinilai mengalami penurunan ketersediaan jumlah ikan yang biasa dipanen dan dikonsumsi para nelayan," katanya.

Selain itu juga untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Masyarakat juga diminta tidak menggunakan jaring maupun racun dalam penangkap ikan agar tidak mematikan ikan-ikan kecil. Jika saat menangkap ikan terdapat anakan, masyarakat juga diminta melepaskan kembali agar dapat tumbuh besar.

Kota Palangka Raya memiliki perairan seluas 515,8 Kilometer yang terdiri dari luas sungai 100,09 Kilometer, rawa seluas 400,03 Kilometer dan danau seluas 13,63 Kilometer.

Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini sendiri dilalui tiga sungai besar yakni Sungai Kahayan, Sungai Rungan dan Sungai Sabangau serta memiliki sebanyak 103 danau.
Baca juga: Pemkot Palangka Raya lepas 205 ribu benih ikan di Sungai Sabangau
Baca juga: Dinas Perikanan Palangka Raya lepas 65.000 benih ikan di Danau Teluk
Baca juga: Pencuri ikan di Palangka Raya dapat dikenakan sanksi adat

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023