Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 menjadi salah satu langkah yang dapat membantu Indonesia menjadi negara maju sekitar tahun 2040.

Mendag saat peluncuran JMFW di Jakarta, Jumat (23/6) malam, menyebut pagelaran busana muslim itu menciptakan ekosistem fesyen Tanah Air yang melahirkan banyak kerja sama dengan pemangku kepentingan dunia.

“Kita harus meningkatkan kemampuan dan kuncinya itu kerja sama. Pemerintah saja tidak cukup, harus ekosistemnya kita bangun. Ekosistem tercipta dari kerjasama. Kalau kita bisa kerjasama, maka saya percaya apapun kendala pasti bisa kita atasi,” kata Mendag Zulkifli.

Dengan ekosistem yang terbentuk dan kerja sama yang terjalin, JMFW bisa berdampak luas hingga menghasilkan efek berlipat pada perekonomian Tanah Air. Ekosistem yang dimaksud adalah hubungan timbal balik antara desainer lokal, konsumen, pelaku usaha, pemerintah, dan pemangku lainnya.

“Kita berusaha keras agar ada jalur cepat dengan membuat ragam perjanjian dagang, kita punya SEPA (Single Euro Payments Area), RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership) dengan seluruh negara ASEAN. Jadi, produk mereka bisa masuk ke kita, produk kita juga bisa masuk dengan mudah ke negara mereka,” ujar Zulkifli.

Baca juga: Kemenparekraf dukung JMFW promosikan fesyen Muslim Indonesia

Mendag menyebut pagelaran JFW selalu melahirkan talenta-talenta istimewa dari para desainer lokal sehingga mampu mengenalkan karya-karya terbaik anak bangsa kepada dunia.

“Kita punya peluang dan sumber daya yang luar biasa, punya talenta istimewa, dan kita punya bonus demografi mulai 2025-2038. Jadi, kalau kita kerja keras dan banyak kerja sama, Insya Allah 2040 Indonesia akan menjadi negara maju,” kata Zulkifli.

JMFW 2024 merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan dengan KADIN Indonesia dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) yang digelar secara tahunan sejak 2021.

Kegiatan JMFW tahun ini terdiri atas pagelaran busana, pameran dagang, penjajakan kesepakatan dagang, dan gelar wicara yang menghadirkan sekitar 1.000 koleksi dari sejumlah desainer lokal.

JMFW 2024 akan diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 19-21 Oktober 2023 di sela gelaran Trade Expo Indonesia (TEI).

Baca juga: Kemendag dan Kemenparekraf sosialisasikan JMFW 2024 di Bandung

Baca juga: Dekranasda NTB fasilitasi industri fesyen rambah pasar internasional

Baca juga: Enam jenama Indonesia ikut Paris Fashion Week 2023


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023