Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Jumat (23/6), mulai dari Presiden Joko Widodo memberikan puluhan ekor sapi dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah hingga pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang hadir memenuhi panggilan tim investigasi untuk mengusut permasalahan di pesantren tersebut.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Jokowi berikan 38 ekor sapi untuk Idul Adha 1444 Hijriah

Presiden Joko Widodo memberikan 38 ekor sapi yang didistribusikan ke setiap provinsi di Indonesia dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk, jadi menjadi 38," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

2. Menhan ajak generasi muda optimalkan bonus demografi

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengajak generasi muda untuk mengoptimalkan bonus demografi Indonesia yang hanya datang sekali selama 13 tahun.

"Kita menghadapi apa yang disebut bonus demografi, sebagian besar rakyat berada pada usia produktif. Ini hanya datang sekali saja, hanya berlangsung 13 tahun," kata Menhan Prabowo Subianto pada acara peringatan Hari Lahir Ke-63 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Benteng Vastenburg Solo, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

3. Pimpinan Ponpes Al-Zaytun hadir ke Gedung Sate temui tim investigasi

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang hadir ke Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, untuk memenuhi panggilan tim investigasi yang mengusut terkait permasalahan di pesantren tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat mengatakan pihaknya ingin melakukan konfirmasi atas kegiatan di Pesantren Al-Zaytun itu sesuai dengan kewenangannya.

Selengkapnya baca di sini.

4. Prabowo disambut ratusan relawan saat tiba di Solo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disambut ratusan relawan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Presiden RI Joko Widodo yang tergabung dalam "Bolone Mase" saat tiba di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Jumat sore.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, ratusan relawan tersebut kompak menyambut Prabowo dengan mengenakan seragam kaus putih bertuliskan “Bolone Mase” di bagian depan dan “Relawan Jokowi Swa Praja” di bagian belakang, bahkan mereka meneriakkan seruan "Prabowo Presiden".

Selengkapnya baca di sini.

5. PDIP undang menteri Kabinet Indonesia Maju ke puncak Bulan Bung Karno

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pihaknya mengundang jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk menghadiri perayaan puncak Bulan Bung Karno 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (24/6).

“Kami undang, ada menteri-menteri dari Kabinet Indonesia Maju,” ujar Hasto kepada awak media usai gladi bersih di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023