Targetnya melampaui capaian Rp535 juta di dua edisi kemarin.
Bandung (ANTARA) - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah menyatakan pihaknya menargetkan omzet Festival Sentra Industri 2023 lebih tinggi dibanding edisi 2021 dan 2022 yang meraup hingga Rp535 juta.

"Targetnya melampaui capaian Rp535 juta di dua edisi kemarin," kata Elly, di Bandung, Jawa Barat (Jabar), Sabtu.

Elly menerangkan adapun capaian omzet dalam tiga hari terakhir penyelenggaraan Festival Sentra Industri pada tahun 2023 ini, telah mencapai sekitar Rp296 juta.

"Tapi kan masih ada beberapa hari lagi, dan tentunya ada momentum akhir pekan, sehingga kami optimistis bisa melampaui target tersebut," ujar Elly.

Sebagai daya tarik, Elly mengungkapkan bahwa Disdagin Kota Bandung bakal membagikan voucher sebanyak 300 buah dengan nilai total Rp7.500.000 dalam acara ini di hari Sabtu dan Minggu tanggal 24-25 Juni 2023.

Dia menjelaskan, ada sebanyak 20 produk industri dan 15 produk kuliner berbahan dasar tahu yang turut serta dalam Festival Sentra Industri 2023 dan dirangkaikan dengan Festival Kuliner bertajuk All About Tahu yang digelar di Cihampelas Walk pada 20-25 Juni 2023.

Elly menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya peningkatan daya saing produk, sekaligus omzet pelaku industri di Kota Bandung.

"Kami mau tunjukkan, segmen kami saat ini sudah segmen pasar. Dan geliat ekonominya sudah sangat meningkat," ujar Elly.

Lebih lanjut, Elly mengatakan pada dasarnya Festival Sentra Industri ini menampilkan 20 IKM, namun berbeda dari edisi sebelumnya, pada tahun 2023 ini, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Festival Kuliner.

Untuk proses pemilihan 20 IKM dan 15 produk kuliner itu, dilakukan dengan cara survei lapangan dan kurasi yang ketat, selain itu, legalitas seperti sertifikasi halal dan Nomor Induk Berusaha (NIB) menjadi syarat utama untuk lolos kurasi.

"Dengan proses kurasi yang ketat, terpilihlah 20 merek yang dapat mengisi Festival Sentra Industri 2023," ujarnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, Elly mengungkapkan per tahun 2021, ada sebanyak 1.888 Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Bandung.

"IKM tersebut tersebar di 28 sentra industri yang ada di Kota Bandung," katanya menambahkan.
Baca juga: PKT dukung Tomohon jadi sentra industri florikultura
Baca juga: Kota Bandung tingkatkan daya saing IKM gelar Festival Sentra Industri

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023