"Kami dari Pertamina EP Bunyu menerima penghargaan dari BKKBN, merupakan satu rekam jejak yang membanggakan,"
Tarakan (ANTARA) - PT. Pertamina EP Bunyu Field memiliki program pengentasan stunting atau kondisi gagal tumbuh pada bayi di bawah 5 tahun, akibat dari kekurangan gizi kronis.

"Kami di Pertamina EP Bunyu punya program prioritas unggulan Bunga Kemuning yang merupakan wujud program CSR kami," kata Pjs Senior Manager PT Pertamina EP Bunyu Field Saifudin Zuhri di Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Minggu.

Program Bunga Kemuning merupakan kepanjangan dari Bunyu Sumber Pangan Kreasi Menu Entaskan Stunting,  program yang merupakan kolaborasi seluruh mitra binaan Pertamina EP Bunyu untuk bersama-sama mewujudkan pengentasan stunting .

Program Bunga Kemuning merupakan peningkatan kerjasama program guna mendorong ketersediaan akses pangan untuk penuhi gizi anak menuju generasi Indonesia Emas.

Serta melakukan program pengembangan kampung hijau hidroponik dan Keuntungan Pak Abo dalam mendorong ketersediaan bahan pangan, perbaikan pola hidup bersih masyarakat melalui Gentong Mas Santun dan pemberian makanan tambahan melalui program Ketinting menjadi upaya pengentasan stunting dari hulu sampai hilir.

Program Ketinting merupakan kepanjangan dari Keluarga Terlindung Stunting untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Indonesia Maju dapat tercapai.

"Kami dari Pertamina EP Bunyu menerima penghargaan dari BKKBN, merupakan satu rekam jejak yang membanggakan," Saifudin

Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi Pertamina EP Bunyu bersama seluruh masyarakat Kaltara untuk terus berusaha untuk mengentaskan stunting.

"Oleh arena itu semangat ini bisa juga menular seluruh perusahaan yang ada di Kaltara untuk bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan mengentaskan stunting," katanya.

Saat ini, di Pulau Bunyu ditemukan sekitar 50 orang anak usia balita mengalami stunting.

Sementara itu, Sekretaris Utama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), BKKBN RI, Tavip Agus Rayanto mengatakan optimis jumlah 50 anak yang terkena stunting di Pulau Bunyu segera dapat tertangani.

"Dari laporan tadi ada sekitar 50 anak stunting, jadi sebetulnya kalau melihat modal sosial tadi ada dapur sehat atasi stunting. Kemudian ada PKK, apalagi ada peran Pertamina melalui CSR ini, jadi saya optimis yang 50 anak itu segera tertangani," kata Tavip.

Namun yang lebih penting adalah mencegah jangan sampai ada anak yang terkena stunting lagi.

"Oleh karena itu kita juga perlu memberi perhatian khususnya kepada calon pengantin atau usia hamil. Tadi juga ada yang hamil itu mestinya juga perlu di kawal sehingga tidak melahirkan anak-anak stunting baru," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP bersyukur kepada Pertamina yang membantu mengentaskan stunting dimana mendirikan Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

"Walaupun kita beri makanan tapi tidak disertai dengan perubahan perilaku tidak akan jadi. Untuk itu dalam rangka mempercepat penurunan stunting di Kaltara ini yang sekarang kita dorong adalah kesadaran masyarakat," kata Yansen.

Serta pihak-pihak yang terkait termasuk pemerintah, kemudian investor, swasta/BUMN, BUMD dan para pengusaha-pengusaha harus punya perhatian.

Penyebaran informasi itu adalah peran serta dari media. Dia berharap informasi kepada masyarakat itu harus dimaksimalkan.
Baca juga: Kaltara raih penghargaan provinsi terbaik ketiga turunkan stunting
Baca juga: Kaltara berhasil menekan angka prevalensi stunting 5,4 persen
Baca juga: Wagub Kaltara optimistis kemiskinan dan stunting dapat dihilangkan


 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023