Denpasar (ANTARA) - Pelatih Kepala Bali United Stafano Cugurra menerapkan rotasi pemain dalam latihan tanding untuk memberikan kesempatan sekaligus melatih fisik menjelang musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2023.

“Saat ini skor tidak terlalu penting karena yang terpenting adalah cara tim bermain. Kami tim pelatih bisa pasang semua pemain untuk punya kesempatan buat main,” kata Cugurra di Gianyar, Bali, Minggu.

Tim pelatih melibatkan 22 pemain dalam setiap latihan tanding sehingga tidak ada pemain yang duduk di bangku cadangan.

Rotasi itu, lanjut dia, selain memberikan kesempatan kepada semua pemain, juga menjadi bagian pelatih untuk melakukan evaluasi kepada skuad dengan julukan Serdadu Tridatu itu.

“Hal ini bagus buat bisa evaluasi yang bagus dan yang kurang dalam tim sebelum Liga 1 dimulai,” kata pelatih yang karib disapa Coach Teco itu.

Dalam latihan tanding bersama Dewa United secara tertutup dari awak media di Stadion Kapten I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar pada Sabtu (24/6), pelatih asal Brazil tersebut menerapkan strategi rotasi bergantian para pemain.

Baca juga: Bali United lakukan tiga latihan jelang Liga 1 2023

Klub yang bermarkas di Stadion Dipta itu meladeni klub dengan julukan Prajurit Tangsel atau Tangsel Warrior dengan skor akhir imbang 2-2 tanpa penalti selama 90 menit.

Kedua tim langsung mengambil inisiatif menyerang sejak babak pertama dimulai.

Gol Bali United dicetak oleh Privat Mbarga pada menit 61 dan pemain yang masih uji coba yakni Luah Mahessa pada menit 80.

Sedangkan tim tamu, lebih dulu membuka keunggulan pada penghujung babak pertama melalui tendangan Egy Maulana Vikri dan Alex Martins pada menit 76.

“Pada babak kedua, kami coba ganti 11 pemain buat ada kesempatan untuk semua pemain punya persiapan sebelum Liga 1 musim ini dimulai,” kata Teco.

Sementara itu, Bali United menggenjot latihan internal setelah latihan tanding melawan tim lain di klub kasta tertinggi kompetisi 2023.

Rencananya, Fadil dan kawan-kawan kembali mengadakan latihan bersama seluruh pemain pada Senin (26/6) di Pemusatan Latihan Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, sebagai persiapan jelang Liga 1 Indonesia.

Liga 1 Indonesia dimulai pada 1 Juli mendatang dan Bali United menjadi tim pembuka dengan bertanding melawan PSS Sleman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pukul 16.00 WITA.

Baca juga: PSSI pastikan Liga 1 berjalan meski Indonesia tuan rumah Piala Dunia
Baca juga: PSSI umumkan jumlah wasit yang bertugas di tiga kompetisi liga


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023