Bandung (ANTARA) -
Polrestabes Bandung membentuk Tim Patroli Perintis Presisi guna mengoptimalkan pengamanan situasi di Kota Bandung, Jawa Barat, dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dari tindakan-tindakan kriminal.
 
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan tim itu berasal dari Satuan Sabhara Polrestabes Bandung. Pembentukan tim tersebut pun berdasarkan arahan dari Kabaharkam Polri.

Baca juga: Kapolri dan Ketum PSSI bahas persiapan Liga 1
 
"Tugas kita melakukan tindakan preventif, menjaga keamanan, tim ini memang dibentuk secara serentak di seluruh jajaran," kata Budi di Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Dia mengatakan ada 30 personel yang ditugaskan untuk menjadi Tim Patroli Perintis Presisi. Meski tugas dan fungsinya sudah ada di Satuan Sabhara, tetapi tim tersebut lebih ditekankan untuk memberantas kriminalitas jalanan seperti geng motor, begal, jambret, hingga pencurian kendaraan bermotor.
 
Selain itu, menurutnya tim tersebut pun bakal membantu tugas dari Tim Prabu Lodaya Presisi yang sudah ada. Karena kegiatan patroli dari Tim Prabu Lodaya Presisi itu belum mampu menjangkau ke seluruh titik di Kota Bandung.
 
"Tim ini bisa bersinergi dengan Tim Prabu Lodaya Presisi yang sudah ada, sehingga men-cover seluruh Kota Bandung," kata dia.
 
Budi mengatakan tim itu juga dilengkapi dengan kendaraan memungkinkan mobilitas lebih cepat. Karena selain untuk memberantas kriminalitas, tim itu juga bisa ditugaskan untuk membantu pengamanan lalu lintas serta tugas-tugas kepolisian lainnya terkait pelayanan masyarakat.
 
Dengan terbentuknya tim itu, dia berharap kehadiran aparat kepolisian bisa menjangkau seluruh sudut-sudut wilayah Kota Bandung demi memastikan kondusivitas, kenyamanan, keamanan, dan ketertiban masyarakat.
 
"Dengan bantuan dari Tim Patroli Perintis Presisi Polrestabes Bandung, sehingga bisa menjangkau seluruh titik-titik yang mungkin belum terjangkau oleh tim perintis ini," katanya.

Baca juga: Kapolri mutasi tiga kapolda
Baca juga: Kapolri angkat Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023