Para pelaku pariwisata Yogyakarta hendaknya optimistis bahwa ajang Internasionale Tourismus B`rse (ITB) Berlin akan menjadi salah satu media promosi pariwisata Yogyakarta yang banyak diminati wisatawan Eropa,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Pameran pariwisata Internasionale Tourismus B`rse Berlin yang akan berlangsung di kota Messe, Berlin, Jerman, pada Maret 2013 merupakan peluang mempromosikan pariwisata Yogyakarta.

"Para pelaku pariwisata Yogyakarta hendaknya optimistis bahwa ajang Internasionale Tourismus B`rse (ITB) Berlin akan menjadi salah satu media promosi pariwisata Yogyakarta yang banyak diminati wisatawan Eropa," kata Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir Abdulah di Yogyakarta, Rabu.

Ia berharap para pelaku pariwisata DIY yang akan ikut pameran di ITB Berlin bisa mengambil peluang tersebut, sekaligus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Eropa ke Yogyakarta.

"Banyak objek wisata di DIY yang menarik dan diminati wisatawan Eropa. Salah satunya keindahan bangunan candi dan wisata heritage lainnya yang banyak dimiliki Yogyakarta, di antaranya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kawasan Kotagede, dan sebagainya," kata Tazbir Abdulah.

Menurut dia, para pelaku pariwisata, baik biro perjalanan wisata yang tergabung dalam ASITA, dan pihak perhotelan harus bersinergi untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan Eropa ke DIY.

"Peluang lain yang bisa dimanfaatkan dalam ITB Berlin adalah mempromosikan potensi produk kerajinan dan batik Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan pengalaman selama ini membuktikan bahwa ITB Berlin masih menjadi target pelaku pariwisata dunia untuk menggaet wisatawan Eropa.

"Selama ini, Berlin termasuk pasar wisata paling ramai di Eropa," kata Tazbir Abdullah.
(H008/M008) 5

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013