Baturaja (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang menyediakan sebanyak 13.656 tiket kereta api untuk masyarakat yang ingin mudik liburan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah menggunakan jasa angkutan transportasi tersebut.

"Pada periode libur panjang Idul Adha tahun ini tersedia sebanyak 13.656 tiket Kereta Api (KA) untuk melayani pelanggan," kata Pelaksana Harian Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Muhammad Reza Fahlepi di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, KAI siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan berpergian dengan mengoperasikan dua perjalanan KA Ekspres Rajabasa relasi Tanjungkarang -Kertapati (PP) dan empat perjalanan KA Kualastabas relasi Tanjungkarang-Baturaja (2x PP) dengan kapasitas 1.972 tempat duduk yang tersedia.

Penambahan operasional itu guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang akan berpergian menggunakan kereta api pada momen Idul Adha agar terpenuhi.

"Berdasarkan pantauan kami total tiket KA Ekspres Rajabasa dan KA Kualastabas yang terjual untuk keberangkatan Selasa (27/6) hingga Minggu (2/7) yaitu sebanyak 13.303 tiket atau sudah mencapai 98 persen dari total keseluruhan jumlah tiket KA yang disediakan," ungkapnya.

Ia mengimbau bagi masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode liburan Idul Adha dan belum memiliki tiket untuk segera membelinya baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan," ujarnya.

Reza menambahkan, saat ini pihaknya pun telah memberlakukan syarat perjalanan baru naik kereta api berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia nomor 17 tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Sesuai Surat Edaran tersebut seluruh pengguna kereta api di wilayah Divre IV Tanjungkarang dianjurkan tetap melakukan vaksinasi COVID-19.

Saat berada di stasiun ataupun di dalam kereta, pelanggan diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19.

Namun KAI Divre IV Tanjungkarang tetap mengimbau agar seluruh pengguna agar tetap memakai masker demi kesehatan bersama terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat," jelasnya.

Baca juga: KAI Palembang menyiapkan 31.312 tiket jelang Idul Adha 1444 Hijriah
Baca juga: Daop Semarang sediakan ratusan ribu tiket KA hadapi liburan
Baca juga: KAI Daop 9 Jember sediakan 600 tiket promo jelang libur sekolah

 

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023