Solusi "deep-sea energy island" dari Shanghai Electric menjalani debutnya di China (Shanghai) International Technology Fair 2023 (CSITF) dan ajang perdana Shanghai International Carbon Neutrality Expo in Technologies, Products and Achievements (Carbon Neutrality Expo).

Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Shanghai Electric (SEHK:2727, SSE:601727) melansir solusi smart energy, smart manufacturing, dan integrasi digital intelligence di China (Shanghai) International Technology Fair 2023 (CSITF), serta ajang perdana Shanghai International Carbon Neutrality Expo in Technologies, Products, and Achievements (Carbon Neutrality Expo) yang berlangsung di Shanghai pada Juni ini.

Liu Ping, President, Shanghai Electric, berkata, "Shanghai Electric akan terus berfokus pada bidang-bidang bisnis seperti smart energy, smart manufacturing, dan integrasi digital intelligence, menerapkan jalur pengembangan 'promosi, transformasi, dan pemutakhiran teknologi'. Di sisi lain, Shanghai Electric juga berkolaborasi dengan kreator di seluruh dunia untuk meningkatkan kemajuan manusia dan pembangunan sosial yang berkelanjutan."

China (Shanghai) International Technology Fair

Di acara ini, Shanghai Electric memamerkan solusi "deep-sea energy island" yang penuh terobosan serta memperkenalkan konsep pengembangan baru "4+2+X", berfokus pada solusi smart energy, smart manufacturing, dan integrasi digital intelligence.

Deep-Sea Energy Island: Salah satu sesi penting dari pameran tersebut adalah paparan tentang konsep zero-carbon energy island. Menurut konsep ini, pembangkit listrik tenaga bayu, fotovoltaik, pembangkit listrik energi pasang surut air laut (underwater tidal power generation), serta pembangkit listrik tenaga laut saling melengkapi, dan menyediakan energi berkelanjutan bagi warga dan pelaku usaha di sebuah pulau. Seluruh konsumsi energi memanfaatkan energi hijau, memastikan ketersediaan mobilitas yang ramah lingkungan dengan mobil listrik dan hidrogen, serta integrasi marine pasture dan terowongan laut di dekat pulau yang menciptakan manfaat ekonomi baru. Shanghai Electric pun memamerkan pencapaian terbaru dan perkembangan proyek energi surya, penyimpanan multienergi, serta energi hidrogen.

Smart Manufacturing: Shanghai Electric melansir composite mobile robot SMR-300iA, solusi inovatif yang memadukan proses kerja manusia secara efektif. Solusi ini mengatasi tantangan kelangkaan tenaga kerja, serta risiko tinggi dari kecelakaan kerja.

Carbon Neutrality Expo

Dengan tema "Shanghai Electric, Your Energy Steward," Shanghai Electric mempertegas dedikasinya pada smart energy, smart manufacturing, dan integrasi digital intelligence dalam konteks mencapai netralitas karbon. Shanghai Electric memamerkan sistem pembangkit listrik baru yang "komprehensif", serta solusi sistem kawasan industri nol karbon yang bersifat "tiga dimensi", berfokus pada transformasi sebagai "energy steward".

Peluncuran Rencana Aksi "Double Carbon" Shanghai Electric: Shanghai Electric ingin mencapai target "Dual Carbon" yang ditetapkannya, serta aktif meningkatkan optimalisasi dan pemutakhiran struktur industri. Dengan keahliannya pada solusi sistem di sektor energi dan industri, Shanghai Electric akan membantu klien mencapai transformasi dan pembangunan ramah lingkungan, serta rendah karbon. Di Carbon Neutrality Expo, stan pameran Shanghai Electric seluas 600 meter persegi ini menggunakan listrik hijau, dan mencapai suplai energi hijau hingga 100% untuk pertama kalinya.

Solusi Sistem Pembangkit Listrik Baru yang Komprehensif: Shanghai Electric aktif berkontribusi dalam pengembangan sistem energi baru. Maka, Shanghai Electric mengoptimalkan kombinasi teknologi konvensional dan baru, termasuk turbin gas tipe below-level heavy-duty dan peralatan combined cycle, solusi tenaga nuklir yang aman, pembangkit listrik tenaga air tipe pumped storage, peralatan smart strong grid, solusi pembangkit listrik tenaga air laut dan bayu di wilayah darat, sistem energi surya, rencana integrasi penyimpanan energi, serta gardu listrik terintegrasi di sektor transportasi.

Shanghai Electric Resmi Melansir Tiga Produk Inovatif

  • Turbin Angin Lepas Pantai 16MW: Pembangkit listrik tenaga bayu 16MW, dipadukan dengan platform Poseidon, dapat beradaptasi dengan berbagai jenis wilayah laut dan kecepatan angin. Solusi ini juga mendukung pengembangan yang dirancang khusus menurut platform dan modularisasi sehingga menjamin efisiensi pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai.
  • Lini produk lengkap panel surya PV heterojunction 20GW akan memimpin produksi sel surya berefisiensi tinggi pada era microcrystalline HJT.
  • Sistem Penyimpanan Energi Jenis 500kW Containerized Vanadium Liquid Flow: Sistem penyimpanan energi hijau yang sangat terintegrasi ini memiliki kompartemen baterai yang dilengkapi rangkaian 500kW, BMS, thermal management, fire protection, dan lighting. Sistem ini juga menghemat ruang penyimpanan hingga 30%, serta menawarkan opsi konfigurasi yang fleksibel menurut durasi penyimpanan energi.
  • 2000Nm3/H Alkaline Electrolyzer: Shanghai Electric meluncurkan peralatan inti yang bersifat modular dan berkinerja tinggi untuk produksi, penyimpanan, dan rantai industri utilisasi energi hidrogen. Dengan menggabungkan pembangkit listrik energi terbarukan dan elektrolisis air untuk memproduksi hidrogen, peralatan ini mewujudkan kegiatan produksi dan penyimpanan industri kimia yang ramah lingkungan, serta pengembangan solusi sistem penyimpanan energi hidrogen.
Tentang Shanghai Electric

Shanghai Electric Group Company Limited (SEHK: 02727, SSE: 601727) adalah perusahaan terkemuka di dunia yang memasok solusi smart system bertaraf industri dan ramah lingkungan. Shanghai Electric menjangkau seluruh dunia, dan bergerak dalam segmen smart energy, intelligent manufacturing, serta integrasi digital intelligence. Shanghai Electric mengutamakan pembangunan rendah karbon dan transformasi digital dengan merambah bidang baru, serta meningkatkan motor pertumbuhan baru. Shanghai Electric berupaya menjadi pemimpin industri yang mewujudkan emisi karbondioksida puncak sebelum 2030, serta mencapai netralitas karbon sebelum 2060. Shanghai Electric juga menyediakan alat-alat produksi energi baru dan melokalisasi produksi peralatan premium. Dengan demikian, Shanghai Electric menciptakan peluang tanpa batas dalam ekosistem industri yang inovatif bersama mitra global.

Informasi lebih lanjut tersedia di https://www.shanghai-electric.com/group_en/.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023