Jamaah calon haji atas nama Bakrin Dulamid Saharia, berumur 72 tahun, meninggal pada Senin (26/6) 2023 pukul 22.30 waktu Arab Saudi
Bengkulu (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyatakan seorang calon haji (calhaj) yang berasal dari Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu meninggal di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.
​​​​
"Jamaah calon haji atas nama Bakrin Dulamid Saharia, berumur 72 tahun, meninggal pada Senin (26/6) 2023 pukul 22.30 waktu Arab Saudi," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Intihan di Bengkulu, Selasa.
 
Almarhum yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 8 Embarkasi Padang, Sumatera Barat atau Kloter 2 Provinsi Bengkulu itu meninggal di Rumah Sakit Jabal Rahmah, Arab Saudi.
 
Tenaga Kesehatan Haji Kloter 8 Embarkasi Padang, dr Festi Rosika Nengsih menyebutkan pada 19 Juni 2023 almarhum mengeluhkan sesak napas.
 
"Tapi sudah dikonsultasikan ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI)  dan segera mendapatkan penanganan dari pihak sektor dan almarhum kembali sehat," katanya.
 
Ia menjelaskan almarhum termasuk 50 jamaah dengan kategori berisiko tinggi serta dalam pemantauan di Kloter 8 Padang dan dipantau kesehatannya setiap hari.
 
"Alhamdulillah tidak ada keluhan hingga tiba di Arafah pada 26 Juni 2023 sekitar pukul 21.15 waktu Arab Saudi," katanya.
 
Sesampai di Arafah, katanya, almarhum langsung beristirahat dan tertidur, namun ketika teman sesama calon haji mencoba membangunkan, almarhum tidak bangun.
 
Jamaah lainnya segera memanggil tim kesehatan segera dilakukan pemeriksaan. Petugas kesehatan melakukan penanganan kegawatdaruratan dan merujuk Bakrin Dulamid Saharia ke RS Jabal Rahmah, dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 22.30 waktu Arab Saudi.

Sebelumnya, calon haji yang juga tergabung dalam Kloter 8 Padang, bernama Rusli Sain Alam Nasir berumur 68 tahun, meninggal pada pukul 1.38 waktu Arab Saudi pada Senin 19 Juni 2023, demikian Intihan.

Baca juga: Kemenag : calon haji tertua di Bengkulu berangkat ke Arab Saudi

Baca juga: Satu calon haji Bengkulu meninggal di Mekkah

Baca juga: Satu calon haji asal OKU Timur meninggal dunia di Mekkah

Baca juga: PPIH: 5 calon haji Embarkasi Batam meninggal dunia di Mekkah

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023