Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengatakan Jalan Tol Cileunyi- Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jabar, setidaknya mencapai 6 persen tahun 2023.
 
"Saat ini pembangunan Tol Cisumdawu sudah mendekati 100 persen selesai dan ditargetkan beroperasi Juli 2023," kata Gubernur Ridwan Kamil, di Bandung, Selasa.
 
Ekonomi Jawa Barat pada triwulan IV-2022 terhadap triwulan IV-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 4,61 persen (Y-on-Y). Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Jasa Perusahaan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 13,52 persen.
 
Ekonomi Jawa Barat sepanjang tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,45 persen meningkat dibanding capaian tahun 2021 dengan pertumbuhan sebesar 3,74 persen.

Baca juga: Jasa Marga operasikan 12 gardu di GT Cileunyi untuk arus mudik 2023
 
Menurut dia, pemerintah berkomitmen memeratakan pembangunan melalui konektivitas wilayah, di antaranya dengan menghadirkan jalan tol.
 
Melalui jalan tol, distribusi logistik antardaerah akan lebih cepat dan menciptakan banyak manfaat yang nyata dirasakan masyarakat.
 
“Semoga semua PSN (Proyek Strategis Nasional) di Jawa Barat lancar. Setiap kenaikan Jabar sama dengan kenaikan Indonesia,” ujar Ridwan Kamil.
 
Dia mengatakan Jawa Barat banyak mendapat benefit dari kehadiran proyek strategis nasional (PSN).
 
Dengan proyek strategis nasional, ekonomi regional dapat ditingkatkan seiring dengan kenaikan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Arus balik via GT Cileunyi Bandung menurun pada H+5 Lebaran 2022
 
"Jabar provinsi, salah satu yang paling banyak mendapatkan benefit PSN. Kereta cepat Agustus akan dimulai operasinya, Tol Cisumdawu akan diresmikan, Bandara Kertajati sudah (berjalan), " kata dia.
 
Kemudian, PSN lain di Jabar Pelabuhan Patimban tahap satu sudah berjalan, sembilan ruas jalan tol, tujuh bendungan semua semata-mata untuk menggerakkan ekonomi.
 
Gubernur menyampaikan bahwa PSN menjadi faktor penting yang mampu mewujudkan mimpi pembangunan serta pertumbuhan ekonomi Jabar dan Nasional.
 
Dari tahun ke tahun tercatat pertumbuhan ekonomi Jabar sebesar 5,45 persen yang tertinggi di Pulau Jawa, merupakan hasil dari kegigihan dan kerja keras jajaran Pemprov Jawa Barat.
 
"Berkat PSN kita ini surplus beras sampai 1,3 juta ton. Tanpa bendungan dari PSN mimpi swasembada ini mungkin tidak terkejar," kata Ridwan Kamil.
 
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023