Dua menteri RI sudah siap menghadiri kegiatan pertemuan ASEAN Blue Economy Forum di Belitung.
Belitung (ANTARA) - Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh menyatakan kegiatan ASEAN Blue Economy Forum di daerah ini pada tanggal 1 sampai dengan 4 Juli 2023 mendatang dijadwalkan dihadiri dua orang menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Dua menteri RI sudah siap menghadiri kegiatan pertemuan ASEAN Blue Economy Forum di Belitung," kata Sahani usai memimpin rapat persiapan akhir ASEAN Blue Economy Forum, di Tanjung Pandan, Selasa.

Dua menteri tersebut adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Rencananya kegiatan pertemuan ASEAN Blue Economy Forum di Belitung, juga akan dihadiri oleh Presiden ke-5 RI, yakni Megawati Soekarnoputri.

Namun, kata Bupati lagi, terkait kehadiran Presiden ke-5 RI tersebut saat ini masih dalam tahap konfirmasi.

"Kalau untuk Presiden ke-5 RI memang belum pasti, karena kalau beliau datang pasti pada H-5 dan H-3 acara sudah ada Paspampres, jadi kami masih menunggu, infonya naik jet pribadi," ujarnya pula.

Menurutnya pula, ASEAN Blue Economy Forum di Belitung akan berlangsung pada 1-4 Juli mendatang.

Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh menteri 10 negara ASEAN, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

"Kami pastikan Belitung siap menjadi lokasi pertemuan ASEAN Blue Economy Forum pada 1-4 Juli mendatang," katanya lagi.

Dia menilai, kegiatan ASEAN Blue Economy Forum ini menjadi kesempatan berharga Belitung dalam mempromosikan potensi pengembangan ekonomi biru.

"Karena Belitung masih memiliki kondisi laut dan perairan yang masih terjaga," ujarnya.

Oleh karena itu, ujar Bupati, nantinya para delegasi pertemuan ASEAN Blue Economy Forum diagendakan melakukan kegiatan "Hopping Island". "Sehingga mereka bisa menyaksikan langsung bagaimana jernih dan birunya laut Belitung," katanya lagi.
Baca juga: ASEAN Blue-Belitung melibatkan UMKM dalam forum ASEAN 
Baca juga: Bupati Belitung optimistis ASEAN Blue promosikan potensi maritim 

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023