Gorontalo (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Budiyanto Sidiki mengumumkan pembatalan pelaksanaan Asian Mini Football Championship (AMFC) 2023 pada tanggal 9-17 Agustus mendatang.

Atas nama pemerintah provinsi, Budiyanto menyampaikan penyesalan dengan keputusan berat membatalkan AMFC 2023. Permohonan maaf disampaikan kepada federasi, masyarakat Gorontalo dan semua pihak yang sejak awal terlibat dalam persiapan acara.

"Tentu ada konsekuensi dari pembatalan ini, oleh sebab itu kami selaku Ketua Panitia menyampaikan permohonan maaf yang setulus tulusnya terutama kepada federasi AMFC atas ketidaknyamanan ini," ucap Budi di Gorontalo, Selasa.

Pihaknya menyadari pembatalan AMFC 2023 berdampak kepada pelaku pariwisata, hotel, rumah makan dan UMKM. Ia memohon maaf atas keputusan tersebut.

"Juga kepada pemerintah kabupaten kota dan forkopimda yang sudah mengawal sejak perencanaan kegiatan ini," kata dia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Wahyudin Katili menjelaskan alasan pembatalan. Menurutnya pembatalan disebabkan tidak adanya titik temu antara Pemprov dengan federasi AMFC terkait mekanisme administrasi keuangan.

Misalnya dalam hal kontribusi Pemprov senilai 50.000 USD atau setara dengan Rp750 juta. Awalnya, pihak federasi meminta uang itu ditransfer sepenuhnya kepada mereka. Permintaan yang tidak dapat dilakukan oleh Pemprov.

Kontribusi dari dana APBD itu dialokasikan untuk honor wasit, panitia pertandingan dan manajemen pertandingan lainnya. Belakangan pihak federasi melunak dan menyerahkan sepenuhnya kepada Pemprov.

Baca juga: Pemprov Gorontalo promosikan pariwisata di tengah persiapan AMFC 2023

"Nah ini tentu kita berkaca dari aspek administrasi tidak bisa. Serupiah pun uang yang kami keluarkan harus berdasarkan standar yang tidak sembarang diberikan," jelasnya.

Alasan berikutnya, pada kesepakatan yang telah ditandai tangani kedua belah pihak ada ketentuan biaya kontribusi dari masing masing negara peserta senilai 50 USD per orang per hari. Kontribusi itu harusnya sudah terkumpul paling lambat tanggal 20 Juni 2023.

"Pada poin ini sangat sulit tercapai, bahkan pada rapat ketiga tidak mencapai titik temu. Mereka menyampaikan akan dibayarkan setelah tiba di Gorontalo. Berkaca dari sudut pandang mereka, pemerintah punya uang silakan dibayarkan dulu nanti tiba di Gorontalo mereka bayarkan. Ini tidak mencapai titik temu," kata dia.

Ia berharap pembatalan tersebut bisa disikapi dengan bijak oleh semua pihak. Meski AMFC yang direncanakan digelar pada 9-17 Agustus 2023 batal digelar namun kegiatan pariwisata lain tetap akan digelar.

Gorontalo Karnaval Karawo yang menjadi Kalender Event Nasional akan dilaksanakan tanggal 11-13 Agustus 2023, Adventure Off Road 5-6 Agustus 2023 dan Half Maraton 10K tanggal 12 Agustus 2023.
Baca juga: Gubernur Gorontalo: Lapangan pertandingan AMFC rampung tepat waktu

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023