Kami memanfaatkan AMFC 2023 untuk mempromosikan pariwisata daerah.
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo mempromosikan pariwisata di tengah persiapan ajang Asian Mini Football Championship (AMFC) 2023.

"Kami memanfaatkan AMFC 2023 untuk mempromosikan pariwisata daerah. Perwakilan federasi mini football Asia bahkan mengaku terpukau melihat keindahan Gorontalo yang disuguhkan melalui video kumpulan destinasi wisata seperti Taman Laut Olele, hiu paus, Benteng Otanaha, Desa Wisata Religi Bubohu, termasuk kesenian dan kuliner khas daerah," kata Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, di Gorontalo, Sabtu.

Gubernur Hamka mengajak delegasi federasi mini football Asia untuk menikmati beragam destinasi wisata, budaya dan kuliner khas Gorontalo.

Ia berharap saat perhelatan AMFC pada 9 hingga 17 Agustus 2023, akan lebih banyak masyarakat dari negara-negara peserta yang akan datang berkunjung ke Gorontalo.

"Bawalah kabar baik ini kepada saudara-saudara kami yang ada di negara bapak ibu, sehingga pada penyelenggaraan AMFC nanti akan banyak yang berkunjung dan bersilaturahmi menikmati keindahan dan keramahtamahan masyarakat Gorontalo," kata Hamka.

Presiden AMFC Mohammad Hesam Aldousari mengatakan, dua kata untuk Gorontalo, luar biasa.

"Banyak negara yang bertanya kepada saya tentang Gorontalo. Saya katakan kepada mereka, datanglah kalian ke Gorontalo, saksikan dan rasakan sendiri keindahan dan keramahtamahan masyarakatnya, karena penjelasan saya tidak cukup menggambarkan itu semua," kata Aldousari.

Selain Presiden AMFC, sejumlah perwakilan federasi mini football Asia hadir langsung pada pengundian grup (drawing) AMFC 2023.

Presiden Federasi Mini Football Irak Hatem Abdood Mohaisen, Presiden dan Sekjen Federasi Mini Football Jordania Khalid Abdulrahman Jaffa dan Kelly Jo Gerkins.

Ada juga Presiden Federasi Mini Football Taiwan Jhonnie Nielsen dan Amir Sjarifuddin Wong dari Federasi Mini Football Malaysia.

"Walaupun ini hanya turnamen tingkat Asia, tetapi federasi mini football dari seluruh dunia akan datang untuk menyaksikan AMFC 2023 dan keindahan Gorontalo," kata Aldousari pula.

Hasil undian AMFC 2023, Grup A ditempati oleh Bahrain, Kazakhstan, dan Vietnam. Grup B ada Irak, Singapura, dan Taiwan. Grup C akan bersaing Qatar, Iran, dan Thailand. Sedangkan tuan rumah Indonesia berada di Grup D dengan Arab Saudi dan Malaysia.
Baca juga: Gubernur Gorontalo: Lapangan pertandingan AMFC rampung tepat waktu

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023